Selasa, 14 September 2010




VAJRAVARAHI

金刚亥母

藏名译音: 多杰帕嫫(Dorje Pagmo)
金刚亥母是胜乐金刚的明妃。因其头上有一猪头,猪属亥,故称金刚亥母。金刚亥母是空乐根本,本质上就是大手印,属于瑜伽母(或称空行母,Yogini)之一。

Tibetan name : Dorje Pagmo

Vajravarahi (jingang Haimu) adalah pasangan dari Heruka, di atas kepala Nya terdapat satu kepala babi. Vajravarahi merupakan akar dari sunyasukha, merupakan Mahamudra, termasuk sebagai salah satu Yogini.


为修拙火之根本大法。金刚亥母对有情众生特具悲心,行者如修习此法可速得加持,于修上师相应法时自观为亥母,能迅速生起相应。空行母对修密的行者而言,可 分为两类,一为出世间空行,一为世俗空行;乃空乐根本,一切成就根本之源,先修得空行相应,然后再修习本尊法极容易成就。

Merupakan akar dari sadhana pembangkitan api kundalini, Vajravarahi sangat berwelas asih pada para insan, bila sadhaka menekuni sadhana ini akan segera memperoleh adhistana, bila saat melakukan sadhana Guruyoga kita bisa bervisualisasi diri kita adalah Vajravarahi maka akan segera memperoleh kontak dalam Guruyoga.

Ada dua macam dakini, yaitu : Dakini lokuttara (Adi duniawi – bersumber dari manifestasi Adinata tingkat tinggi) dan Dakini Lokiya (duniawi – merupakan dewi biasa).

Bila dapat menekuni sadhana dakini yang bersangkutan dengan yidam, maka akan semakin mudah mencapai kontak dengan Yidam.



金刚亥母修法以生起拙火,调气、脉、明点,进而证得无死虹光身为终。修亥母法可与上师相应,断除烦恼、所知二障,启发俱生智,调柔气脉证无死果,降伏魔仇,摄十法界,乃了脱生死的殊胜法门。

Sadhana Vajravarahi untuk membangkitkan kundalini, menyeimbangkan prana, nadi dan bindu, sampai memperoleh tubuh pelangi. Menekuni sadhana Vajravarahi akan menyebabkan segera mencapai kontak dengan Guru, memotong kilesha, membengkitkan prajna, menaklukkan mara dan merupakan sadhana yang unggul dalam pembebasan.



金刚亥母身如十六妙龄女郎,一面两臂,全身红光遍满十方三世,头部侧面有一猪形
头。右手持金刚钺刀,左手持盈血颅骨器,左肩斜倚天杖(喀章嘎,katvanga)。三目全圆睁,獠牙紧咬着下唇,戴五骷髅冠,细腰婀娜;颈部挂着五十鲜 人骨饰项链,以小铃花朵为装饰。右足悬空,左足踏一人尸于莲花日轮座,身后有般若烈焰。
其功德为:一、净除烦恼显俱生智;二、调柔气脉证无死果;三、降伏魔仇摄十法界。

Vajravarahi berwujud gadis 16 tahun, satu muka dan dua lengan, sinar merah disekujur tubuh Nya memenuhi sepuluh penjuru Dharmadhatu dan tiga masa, di atas kepala atau di samping kepala ada satu kepala babi, tangan kanan membawa pisau vajra, tangan kiri membawa kapala, lengan kiri mengapit Katvanga. Tiga mata yang membelalak, taring Nya menggigit bibir bawah, mengenakan mahkota Pancadhyani dari tengkorak, kalung untaian lima puluh kepala, bunga-bunga sebagai hiasan. Kaki kanan diangkat dankaki kiri menginjak tubuh mara di atas cakra matahari, dibelakang tubuh Nya ada api kebijaksanaan yang berkobar.

Pahalanya adalah : 1. Menyucikan kilesha , menimbulkan prajna ; 2. Mengatur prana nadi dan bindu hingga merealisasikan keabadian ; 3. Menakklukkan mara dan menarik Dasadharmadhatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segala Pahala Kebajikan dari pembabaran Dharma di blog ini, seluruhnya dipersembahkan kepada Mula Guru Dharmaraja Lian Sheng, semoga Dharmaraja Lian Sheng selamanya menetap di dunia, dan memutar Roda Dharma dalam bentuk kendaraan besar dan kecil untuk berbagai tingkat kemampuan dalam motivasi semua makhluk yang ada saat ini. Semoga saya dapat segera mencapai Pencerahan Sempurna demi semua makhluk. Semoga semua makhluk yang hidup di Samsara dapat berjodoh dengan Buddha Dharma, mempraktekkan Dharma, setelah memperoleh pengetahuan, dapat mengalahkan musuh - musuh yang berbahaya, dari ketiga racun, dan dapat mencapai Pencerahan

Om Mani Padme Hum

Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Saudara Sedharama, Lian Hua Shi An yang telah menerjemahkan sangat banyak Materi Dharma dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia, yang mana hasil terjemahannya sangat banyak yang saya post di blog ini

Manjusri Mantra

Music


Music