Kamis, 16 September 2010

Sadhana Pil Emas Maha Dewi Yao Chi


Grand Master Dharmatalk

Yaochijinmu Jindanfa

Sadhana Pil Emas Maha Dewi Yaochi



敬禮了嗚和尚、薩迦證空上師、十六世大寶法王噶瑪巴、吐登達爾吉上師,敬禮瑤池金母大天尊,敬禮壇城三寶。

我爸爸、各位上師、各位法師、還有金極雷藏寺王講師,還有講師(三義同修會洪講師)、助教、 堂主還有各位同門,大家午安 !

今 天,本來是前一天吧!昨天我沒有出門,那麼前一天我到嘉義去,去見一位先生,本來想說再來就沒有事了,應該要回去的時間也差不多了,回西雅圖的時間差不 多,不是說回去(),結果蓮極上師跟我講,這個有一個邀請函是金極雷藏寺的。那我一想他是蓮極,這裡又是金極,那就是很緊急呀(眾笑)

Sembah sujud pada Bhiksu Liaoming, Acarya Sakya Zhengkong (ket : H.E.Dezhung Rinpoche) , Karmapa Enam Belas, Acarya Tubten Dhargye, sembah sujud pada Mahadewi Yaochi, sembah sujud pada Triratna mandala.

Ayahnda saya, para Acarya, para bhiksu lhama, serta Pandita Dharmadhuta Wang dari Jinji Leizangsi (ket : Wang Jiangshi ) , pandita Dharmadhuta (ket : Hong Jiangshi dari Sanyi Tongxiuhui) , Pandita Lokapalasraya, ketua vihara dan para umat sekalian. Selamat siang semuanya !

Kemarin tidak bepergian, satu hari lalu saya pergi ke Jiayi bertemu seorang bapak, awalnya berpikir setelah ini sudah beres, seharusnya waktu kembali ke Seattle sudah dekat, waktunya sudah dekat, bukannya sudah tiba saatnya pulang (tertawa) , akhirnya Acarya Lianji mengatakan kepada saya, bahwa ada sebuah undangan dari Jinji Leizangsi. Maka saya berpikir, dia adalah Lian Ji , dan disini juga adalah Jinji jadi sungguh sangat “jinji”(ket: urgent) . (tawa hadirin)

所 以就很快,今天中午的時候就決定要過來,我想因為天氣很冷,這幾天都有寒流,而且這裡的風很大,應該不會有什麼人,來了頂禮一下金極雷藏寺跟諸佛菩薩,很 快就可以回去了。沒想到一來,哇!怎麼會也坐滿了!時代進步(),所以住雷藏寺的法師都可以通通都跑來了,這也就是說我們動員的力量也是相當驚人,像我 爸爸。今天中午才決定的,沒想到一下子大家都來了。

Maka segera siang hari ini memutuskan untuk datang, saya pikir karena cuaca sangat dingin, ada udara dingin, lagipula disini anginnya kencang, seharusnya tidak ada orang (ket:yang memutuskan datang), (saya cukup) datang untuk bersembah sujud sejenak pada Buddha Bodhisattva di Jinji Leizangsi ini , lalu segera kembali. Tak disangka, begitu tiba wah ! Bagaimana mungkin sudah penuh (umat), sungguh kemajuan jaman ! (tertawa) , jadi para bhiksu lhama yang menetap di Leizangsi semua berbondong-bondong datang, bisa dikatakan kemampuan kita menggerakkan anggota sungguh luar biasa, seperti papa saya, baru memutuskan tengah hari ini, tak disangka semuanya telah tiba.

上 次去高雄跟台北喔,都有一個協定,就是說讓那一個堂或那一個地方,有請發問一個問題,就講一個問題,然後師尊給他作一個圓滿的解答,好像到了金極雷藏寺, 那麼在法方面講起來,就是說發問一個問題,師尊把這個問題作一個闡述,那現在就請這個金極雷藏寺或者其他的同門,你們有什麼問題,以前都只有一個,就一個 問題,師尊給他闡述的清楚一點。

Sebelumnya, pergi ke Kaoshiung dan Taipei semua ada susunan acaranya, yaitu mempersilahkan wakil vihara atau daerah untuk mengajukan satu pertanyaan, kemudian Mahaguru menjawabnya. Kali ini sampai di Jinji Leizangsi, boleh mengajukan pertanyaan, kemudian Mahaguru memberikan penjelasan, jadi sekarang para umat di Jinji Leizangsi maupun yang lainnya ada pertanyaan apa, dulu hanya satu pertanyaan kemudian Mahaguru memberikan jawaban yang paling jelas.

蓮 郲講師:「感謝我們聖尊慈悲,這一次法駕蒞臨金極雷藏寺,那麼我在這邊僅代表我們金極雷藏寺所有的同門致十二萬分的感恩(鼓掌)。我剛剛跟蓮極上師討論, 今天要向師尊請什麼法,我一個念頭閃過,是想請師尊等一下灌「瑤池金母法總灌頂」。那麼這個法呢,我今天為替大家請示的是,請師尊開示『瑤池金母的金丹大 道跟我們密教的二灌,它的細部還有它們的關連性?』,請師尊給予開示。」

Pandita Dharmadhuta Lianlai (蓮郲講師 – Lianlai Jiangshi / Wang Jiangshi)”Terima kasih pada Mahaguru kita yang maîtri karuna, saat ini saya mewakili para umat di Jinji Leizangsi menyampaikan rasa terima kasih yang amat sangat. (tepuk tangan hadirin) , saya barusan berdisukusi dengan Acarya Lianji (蓮極上師 – Lianji Shangshi), hari ini hendak memohon Mahaguru menjelaskan apa, saya langsung memperoleh ilham untuk memohon Mahaguru memberikan abhiseka gabungan Mahadewi Yaochi. Kemudian mengenai sadhana ini, saya ingin mewakili semuanya memohon petunjuk Mahaguru mengenai “ Hubungan Antara Mahasadhana Yaochijinmu Jindan (瑤池金母的金丹大道 – Yaochijinmu Jindan Dadao) dengan abhiseka tingkat kedua dari Tantrayana (ket:sadhana dalam).” Mohon Mahaguru memberikan Dharmadesananya.”

師 尊回覆:這個問題等於是很多的問題,因為呀瑤池金母本身來講起來,祂本身是可以講是道家的五老,道家五老之一,因為祂是鎮守在西方,所以才叫作『西方瑤池 大聖西王金母大天尊』。那麼金是屬西方,西方屬金,在五行上講起來,中央屬土,我們叫五老,五老這道家五老,中央屬土就是黃老,那麼東方屬木叫木公,西方 屬金就是瑤池金母,南方屬火就是火德,北方屬水叫作水精,水精子也就是水德,那麼道家五老在道、佛之間來講起來,等同於這個佛教的五方佛。

Jawaban Mahaguru : “Pertanyaan ini sama dengan menyangkut banyak hal, karena Mahadewi Yaochi sendiri adalah salah satu dari Lima Tetua dalam Taoisme (道家五老 – Daojia Wulao), karena Beliau bersemayam di sebelah Barat, maka disebut juga 『西方瑤池大聖西王金母大天尊 – Xifang Yaochi Dasheng Xiwang Jinmu Datianzun (Mahadewi Resi Bunda Mulia Maharani Arah Barat Maharya dari Kolam Yao), jadi emas (logam) termasuk arah Barat, Barat adalah berunsur emas. Di dalam lima unsur , bagian tengah adalah tanah. Kita menyebutnya Lima Tetua dalam Taosime, sebelah tengah berunsur tanah adalah Huanglao (黃老), Timur berunsur kayu adalah Mugong (木公), Barat berunsur emas adalah Yaochijinmu (瑤池金母), Selatan berunsur api adalah Huode (火德), Utara berunsur air adalah Shuijing (水精), Shuijingzi (水精子) juga adalah Shuide (水德)kemudian Lima Tetua dalam Taosime adalah sama dengan Pancadhyani Buddha dalam Buddhisme.”

五 老的地位在道家來講起來,跟五方佛是同樣的地位。所以瑤池金母的地位非常的崇高,祂等於佛一樣,我個人剛開始的時候是瑤池金母這個開啟,從瑤池金母這裡開 啟的。我是把這個道跟佛融會貫通。像佛來講起來呀,這個西方就是阿彌陀佛,那麼東方就是阿閦佛,北方就不空成就佛,南方就是寶生佛,中央是毗盧遮那佛,也 是分守五方。

Mahaguru : “Kedudukan Lima Tetua dalam Taosime adalah sama dengan Pancadhyani Buddha dalam Buddhisme, maka kedudukan Dewiresi Yaochi adalah sangat agung, Beliau sama dengan Buddha, saya sendiri pada saat permulaan (ket : membina diri dalam Dharma) adalah dibukakan oleh Mahadewi Yaochi, yaitu mulai dari Mahadewi Yaochi ini. Saya menyatukan antara Buddhisme dengan Taosime. Seperti yang dikatakan dalam Buddhisme, sebelah Barat adalah Amitabha Buddha , Timur adalah Aksobhya Buddha, Utara adalah Amogasiddhi Buddha, Selatan adalah Ratnasambhava Buddha dan Tengah adalah Vairocana Buddha. Juga sama dibagi menjadi lima arah.”

那 個在佛教講起來,我們修二灌,我們稱為五輪。那麼五輪跟五佛有關,那五佛又化為五大金剛,就化為五大金剛。所以佛跟金剛明王之間又互相有關連,互相有關連 在。我們知道的這個頂,眉心輪,是毗盧遮那佛,這個喉輪是阿彌陀佛,心輪是阿閦如來、阿閦佛,臍輪是寶生佛,密輪是不空成就佛,那麼就化為五大金剛。五大 金剛又跟五佛有關連的,就是鎮守在五輪。

Mahaguru : “Dalam Buddhisme dikatakan, kita menekuni abhiseka tingkat dua, kita menyebutnya Pancacakra (五輪 – Wu Lun). Kemudian Pancacakra dengan Pancadhyani Buddha saling berhubungan, Pancadhyani Buddha bermanifestasi menjadi Pancamahavajra. Maka Buddha dan Vajra Vidyaraja adalah saling berkaitan. Kita tahu dahi ini , ajnacakra adalah Vairocana Buddha, Visuddhicakra adalah Amitabha Buddha, anahatacakra adalah Aksobhya Buddha, Manipuracakra adalah Ratnasambhava Buddha, Muladharacakra adalah Amogasiddhi Buddha. Kemudian berubah menjadi Pancamahavajra, jadi Pancamahavajra adalah bertalian dengan Pancadhyani Buddha, yaitu bersemayam di Pancacakra.”

那 麼瑤池金母曾經講過,你的所有的業,從那裡漏出去,你的精、氣、神從那裡漏出去,就從那裡收回來。瑤池金母祂講了這樣子一句話,在『瑤池金母收圓定慧解脫 真經」裡面有提到,你精、氣、神從那裡出去,就從那裡收回來。這跟我們密教的這個五輪有關連、有關係的。所以我們密教二灌的修行,就是在金、木、水、火、 土、地、水、火、風、空有關連的修行,我們是以火在下、水在上,以風息來運轉,用風息來運轉人的身體。宇宙的形成,在密教來講都是由風而成,風輪,我們人 身體的運轉,血氣的運轉,全部都是由風來作作用,由風來作用,風是一種運轉的力。

Mahaguru : Mahadewi Yaochi telah mengatakan bahwa dari mana semua karma Anda bocor keluar, dari mana saripati , qi dan roh Anda bocor keluar, maka dari situlah dikumpulkan kembali. Kata-kata ini diucapkan oleh Mahadewi Yaochi『瑤池金母收圓定慧解脫真經 – Yaochijinmu Shouyuandinghuijietuozhenjing di dalamnya ada dibahas dari mana saripati , qi dan roh Anda bocor, maka dari situ pulalah dikumpulkan kembali. Ini ada hubungannya dengan Pancacakra dalam Tantrayana, jadi penekunan abhiseka tingkat dua dalam Tantrayana ada berkaitan dengan unsur logam, kayu, air, api, angin dan akhasa. Kita berdasarkan pada api di bawah dan air di atas, kemudian angin mensirkulasikan, menggerakan tubuh manusia. Dalam Tantrayana dikatakan pembentukan alam semesta adalah dari unsur angin, vayucakra, sirkulasi dalam tubuh manusia kita, sirkulasi qi dan darah, semuanya dilakukan oleh angin, angin adalah kekuatan penggerak.

所 有我們修行開始的時候,密教講二灌的內容,先由『寶瓶氣』開始。寶瓶氣就是在修風,我們平時好像我們的儀軌裡面有講到做『九節佛風』,九節佛風就是在修 風。那麼修風再把這個風在轉運當中,你氣很足了,那麼再來修火,就是把拙火給它升起來,拙火你升的很旺了,上升到頂輪了,就把水,原來的這個菩提心月液, 在眉心輪的所有的天庭水,給它融解,就變成「菩提心月液」。

Mahaguru : “Saat dimulainya pelatihan diri kita dalam tahap abhiseka tingkat dua, dalam Tantrayana dikatakan mulai dari Sadhana Pernafasan Botol『寶瓶氣 - Baopingqi. Pernafasan Botol adalah penekunan unsur angin, seperti dalam tata ritual kita biasanya ada tahap Sembilan Langkah Pernafasan Buddha『九節佛風 – Jiujie Fofeng』,ini juga sedang membina unsur angin. Membina unsur angin adalah mensirkulasikan angin, jika qi Anda telah mencukupi, maka kemudian membina unsur api, yaitu membangkitkan kundalini, jika kundalini Anda telah bangkit dan berkobar, sampai ke sahasracakra, maka air atau cairan Boddhi yang mula (菩提心月液 – Putixin yueye)air Langit (天庭水 - Tiantingshui)yang ada di ajnacakra , dileburkan menjadi Cairan Boddhi.”

菩 提心月液它就會下降,這就是水跟火互相融,融在那裡呢?融在心輪,那麼心輪就是屬於土,土的中央,一個中央的地方,由這個先融解開始,就把心輪打開,以水 跟火來融解這個土,由心輪先打開,把心先打開,我們稱為這個時候,你就可以「明心」,明白了心,看見了「佛性」,以後再把中脈整個通了。

Mahaguru : “Maka cairan Boddhi akan turun, inilah peleburan air dan api, melebur dimana ? yaitu melebur di anahatacakra, maka anahatacakra adalah termasuk unsur tanah, yaitu tanah di tengah, yang berlokasi di tengah, dari sini melebur, maka anahatacakra akan terbuka. Dengan air dan api melebur tanah, anahatacakra membuka terlebih dahulu, maka pada saat itu, Anda akan memahami batin 「明心 - Mingxin」,setelah memahami batin, maka akan melihat Buddhata , kemudian menembusi nadi tengah.”

因 為你氣在運行的時候呀,「方便氣」進入到中脈就變成了「智慧氣」,那這個智慧的氣呀在中脈裡面,因為風息的運轉,使火上升、水下降,在心輪裡面集合,先把 心輪打開,因為心輪裡面就有佛性,你就看到了佛性,明白了心、看見佛性,從此以後你就是『明心見性」。那中脈通了以後呢,你會把這個水跟火運到臍輪,也把 臍輪打開,生殖輪打開,把喉輪打開,把眉心輪打開,這個時候五佛的心輪全部打開的話,在你的身體作用裡面,就是地、水、火、風全部聚集。

Mahaguru : “Karena saat Qi sedang bersilkulasi, maka qi upaya kausalya yang masuk kedalam nadi tengah akan menjadi Qi Prajna, sedangkan Qi Prajna yang berada di nadi tengah ini bersilkulasi karena angin, akan menyebabkan api naik dan air turun, kemudian menyatu di anahatacakra, terlebih dahulu membuka anahatacakra, karena dalam anahatacakra ada Buddhatta, maka Anda akan melihat Buddhatta, setelah memahami batin, maka akan melihat Buddhatta, maka sejak inilah Anda adalah memahami batin dan melihat Buddhatta 『明心見性 – Mingxin jianxing. Kemudian setelah nadi tengah tertembus, Anda bisa menggerakkan air dan api tersebut ke arah manipuracakra, kemudian juga membuka manipuracakra, membuka muladhara cakra, membuka visuddhi cakra, ajnacakra, jika Hrdayacakra dari Pancadhyani Buddha telah terbuka semua, dalam fungsi tubuh kita unsur tanah, air, api dan angin semua berkumpul.”

密 教就是用地、水、火、風全部聚集的時候,把五輪全部打開,全部放出光明,當五佛全部放出光明的時候,它自然將我們物質的身體,物質裡面的身體慢慢的通脈, 把所有的脈全部通通都打開,這個時候呀,你要修這個光明的法,就全身產生光明,光明從所有的毛細孔裡面放射,那麼我們人物質的身體漸漸的融化,化為光明, 在密教稱為『即身成佛』、『虹光化身』,把你這個肉體的身體給它變成光明的佛體。

Mahaguru : “Dalam Tantrayana, saat unsur tanah, air , api dan angin bersatu, membuka semua Pancacakra, semua memancarkan sinar, berarti Pancadhyani Buddha memancarkan sinar, maka dengan alamiah nadi tengah akan tertembus, membuka semua nadi, saat itu bila Anda hendak menekuni Sadhana yang terang ini, maka sekujur tubuh akan bercahaya, sinar akan keluar dari sekujur pori, maka tubuh material kita akan bertahap berubah menjadi sinar, ini dalam Tantrayana disebut Mencapai Kebuddhaan dalam kelahiran saat ini juga 『即身成佛 - Jishengchengfo』、Tubuh Sinar Pelangi 『虹光化身 – Hongguang Huashen』,merubah tubuh material kita menjadi Tubuh Buddha yang bercahaya.”

那 麼瑤池金母本身來講起來,祂也是一樣的,因為你精、氣、神從那裡漏出,就要從那裡收回來。密教裡面有講,跟佛教一樣的,佛教、道家是一樣的,人的精、氣、 神,從那裡漏出你就從那裡收回來。所以密教裡面要修『無漏法』,那麼漏呀,有所謂「身漏」,身體的漏。身體的漏講一個笑話,就是說有三個長壽老人,有一個 這個有人去請教長壽老人,你為何會長壽呢?有一個講他睡覺的時候呀,他不蓋著他的鼻子,這意思是講通氣,你氣要通,睡覺不要把臉矇起來讓氣不通,讓你的鼻 子氣不通,你必須要通氣。有一個講他是要常常的運動,每天要勤勞的運動,勤勞的運動可以長壽,因為他的身體本身有在運動,就表示風息很足,風息非常的足, 氣就很強壯,氣力就很強壯。不運動的人他本身的體骼會硬化,他經常不運動,表示他的氣脈不通。氣脈通的人懂的要氣脈通的,一定要注意,密教也有金剛拳,就 是要通你的氣脈,要運動。另外一個老伯就講呀,另外一個老頭子,長壽老頭子他就講呀,他說我為什麼會長壽?因為我的老婆很醜(眾笑),老婆很醜就會長壽, 老婆太漂亮就會短壽,這個原因這個你們想一想就知道了。

Mahaguru : “Mahadewi Yaochi sendiri juga mengajarkan hal yang sama, yaitu dari mana saripati , qi dan roh Anda bocor keluar, maka dari situlah harus dikumpulkan kembali. Dalam Tantrayana juga dikatakan demikian, Buddhisme dan Taosime juga sama, dari mana bocornya, maka dari situ pulalah dijaga dan dikumpulkan kembali. (Ket : contoh sederhananya adalah kita memboroskan qi dan kesadaran kita dengan bicara yang tidak bermanfaat, maka ini dinamakan qi dan kesadaran bocor melalui mulutkesadaran yang bocor adalah menjadi carut marut dan diluar kendali. Maka dengan menjaga ucapan berarti kita mencegah kebocoran dan mengumpulkan kembali energy positif) . Maka dalam Tantrayana diajarkan Sadhana Anasrava (tidak bocor)『無漏法 - Wuloufa』, kebocoran itu ada kebocoran jasmani, kebocoran tubuh jasmani. Ada lelucon mengenai kebocoran jasmani ini, ada tiga orang tua yang panjang usia, ada seorang yang datang minta diajari oleh orang tua panjang usia itu, dia bertanya bagaimana bisa memperoleh panjang usia ? Orang tua yang satu mengatakan saat tidur dia tidak menutupi hidungnya, maksudnya adalah qi atau nafasnya dapat lancar. Yang satunya lagi mengatakan dia sering berolah raga, olah raga dengan rajin bisa panjang umur, karena olahraga berarti qi nya tercukupi dan kuat. Orang yang jarang berolah raga nadi dan qi nya tidak lancar. Orang yang qi dan nadinya lancar mengerti manfaatnya, harus diperhatikan , dalam Tantrayana juga ada Tinju Vajra, yaitu untuk melancarkan qi dan nandi.

Kemudian orang tua yang terakhir mengatakan : saya bisa panjang usia karena istri saya sangat jelek. (Tawa hadirin) . Istrinya jelek maka dia panjang umur, jika istrinya sangat cantik maka dia akan pendek usia, Anda sekalian coba pikirkan sebabnya pasti akan tahu.”

那 佛教講要「心無漏」,心無漏是指煩惱。你要知道這個煩惱的漏是很厲害的,所以佛教要講斷煩惱、斷煩惱呀,煩惱一定要斷呀,煩惱如果斷的話你才能長壽自在, 你經常煩惱的話就是一種漏,這是屬於心無漏。很多煩惱的人他壽命不會長,樂天知命什麼事都沒有,飯來張口,這個身體疲勞了你就睡覺,沒有煩惱你睡的好、吃 的下、睡的著,什麼事都沒有,也沒有什麼心思,沒有特別的心思,愈了解事情愈少愈好,什麼都不去想,什麼煩惱也不生,這樣子才能心無漏呀。

Mahaguru : “Kemudian dalam Buddhisme dikatakan juga mengenai Hati Anasrava「心無漏 – Xin Wulou」,yang dimaksud dengan hati tidak bocor disini adalah tanpa keruwetan batin. Anda harus tahu kebocoran karena keruwetan batin adalah sangat hebat, maka dalam Buddhisme diajarkan untuk memotong keruwetan batin, bila keruwetan batin dapat dipatahkan, maka Anda akan leluasa, sehat dan panjang usia, jika Anda sering timbul keruwetan batin (kemelekatan beban pikiran) maka itu adalah kebocoran. Orang yang banyak pikiran kacau usianya tidak akan panjang, jika tidak ada kerisauan maka Anda akan tidur dengan nyenyak dan makan dengan baiktidak ada masalah, tidak ada beban pikiran, semakin sedikit mengtahui masalah semakin baik, tidak terbebani oleh hal apapun, dengan demikian barulah mencapai hati anasrava.”

所 以我們修行的時候呀,要懂的心無漏呀,你看像外面那個汽車就在漏呀(眾笑, 剛好有車因風大, 感應器就一直叫),哎哎叫哎哎叫,每天都在哎哎叫,那哎哎哎叫你怎麼會長壽,你煩惱太多嘛。那它叫叫叫到最後它沒有力了,電池沒有了它就不叫了,電池有它 就叫,它有力它就叫呀,沒有力也能叫就叫不出聲。所以我們呀,行者無思無心,就是心無漏。

Mahaguru : “Maka saat kita membina diri haru mengetahui apa itu hati anasrava, Anda lihat semua kendaraan di luar itu sedang bocor (para hadirin tertawa, pada sat itu karena anginya kencang ada salah satu mobil yang alarm nya sampai berbunyi) berbunyi “Aiaiaiaiaiai” jika demikian bagaimana Anda bisa panjang umur ? Sebab kerisauan Anda terlampau banyak. Saat dia (alarm mobil) terus berbunyi sampai akhirnya kehabisan tenaga, jika energi sudah habis, maka dia tidak akan berbunyi lagi, karena ada energi maka dia baru bisa berbunyi, jika tiada energi walaupun bisa berbunyi juga tidak akan sanggup berbunyi. Maka kita sebagai sadhaka tiada beban pikiran , yaitu hati anasrava.”

另 外還要「口無漏」,口無漏是什麼口無漏?我們不講這些妄語、綺語、兩舌、惡口,不重要的話不講,我們好像平時聊天,每天到晚去串門子,去聊天,今天講這個 家,明天講那一個家,後天講那一家,講個不停,這種聊天對行者本身是不對的。一個修行人重要的話講一講就好,其他的話不要講太多,多唸佛、持咒,少聊天、 少講是非,這個就是口無漏。

Mahaguru : “Selain itu kita juga harus mencapai Mulut Anasrava, apa maksudnya mulut tidak bocor ? yaitu kita tidak berbicara yang semabarngan, atau pembicaraan yang tidak bermanfaat, berlidah dua, kata kata jahat, jangan membicarkan hal hal yang tidak penting, seperti orang berbincang – bincang biasanya suka membicarakan orang lain, hari ini keluarga ini, besok keluarga itu, tidak habisnya dibicarakan, pembicaraan yang seperti ini tidak baik bagi seorang sadhaka. Seorang sadhaka cukup membicarakan hal yang penting saja. Pembicaraan yang lain jangan dibicarakan terlampau banyak, banyak banyak lah melafal Buddha, menjapa mantra, sedikit ngobrol, jangan suka menggosip, ini adalah mulut anasrava.”

當 然這幾個無漏都關連到這個身口意的,最後的就是身無漏。佛教講的,這個能夠「漏盡通」呀,漏盡通就是說你已經什麼都不漏了,你身體也沒有漏了、口也沒有漏 了、你的意念也沒有漏了、心無漏了,這個就叫作「漏盡通」,是六大神通最後的一通,叫漏盡通。你能夠漏盡通,你就成佛了。瑤池金母也講,瑤池金母不是這樣 子講,瑤池金母說你從那裡漏出去的,就從那裡收回來,跟佛教講的漏盡通是一樣的,你不覺得嗎?

Mahaguru : “Tentu saja ketidak bocoran yang tadi semua bersangkutan dengan tubuh, ucapan dan pikiran, yang paling akhir adalah ketidak bocoran tubuh. Dalam Buddhisme dikatakan bila dapat merealisasikan Asravaksayajnana「漏盡通 - loujintong Asravaksayajnana adalah Anda tidak lagi mengalami kebocoran apapun. Tubuh, ucapan dan pikiran Anda tidak lagi bocor, ini dinamakan Anasravaksayajnana. Merupakan abhijna yang terakhir dalam jajaran Sadmahaabhijna (六大神通 – Liuda shentong) , yang paling akhir yaitu Anasravaksayajnana. Bila Anda dapat merelaisaikannya maka Anda telah mencapai Kebuddhaaan. Mahadewi Yaochi juga mengatakan, dari mana Anda membocorkannya, dari situ pulalah Anda tarik kembali, ini sama dengan Anasravaksaya dalam Buddhisme. Apakah Anda tidak merasa demikian ?”

瑤 池金母講你那裡漏出去的從那裡收回來,你如果從心漏出去的,從心收回來,你從口漏出去的,從口收回來,你從身體漏出去的,從身體收回來,跟瑤池金母講的一 樣。瑤池金母的金丹大法,就是你要怎麼樣把身口意漏出去的收回來,佛陀講的心無漏、口無漏、身無漏,豈不是相通的嗎?金丹大法就是要把你的身、口、意的 漏,全部給它停止而且收回來,這個就是瑤池金母的「金丹大法」(眾鼓掌)

Mahaguru : “Mahadewi Yaochi mengatakan dari mana Anda bocor, maka dari situ pulalah Anda tarik kembali, jika Anda mengalami kebocoran dari hati, maka dari hati pula Anda harus mengembalikannya. Jika mengalami kebocoran dari mulut, maka dari mulut Anda kembalikan. Jika dari tubuh , maka dari tubuh mengembalikannya. Sama dengan yang diajarkan oleh Mahadewi Yaochi. Mahasadhana Pil Emas Dewi Yaochi adalah mengumpulkan kembali yang bocor melalui tubuh , ucapan dan pikrian. Bukankah ini sama dengan yang diajarkan oleh Buddha tentang batin anasrava, mulut anasrava dan tubuh anasrava ? Sadhana Pil Emas adalah menghentikan semua kebocoran tubuh, ucapan dan pikiran, kemudian mengumpulkannya kembali. Inilah Sadhana Pil Emas Mahadewi Yaochi. (tepuk tangan hadirin)

那 麼瑤池金母本身來講起來,祂也是一樣的,因為你精、氣、神從那裡漏出,就要從那裡收回來。密教裡面有講,跟佛教一樣的,佛教、道家是一樣的,人的精、氣、 神,從那裡漏出你就從那裡收回來。所以密教裡面要修『無漏法』,那麼漏呀,有所謂「身漏」,身體的漏。身體的漏講一個笑話,就是說有三個長壽老人,有一個 這個有人去請教長壽老人,你為何會長壽呢?有一個講他睡覺的時候呀,他不蓋著他的鼻子,這意思是講通氣,你氣要通,睡覺不要把臉矇起來讓氣不通,讓你的鼻 子氣不通,你必須要通氣。有一個講他是要常常的運動,每天要勤勞的運動,勤勞的運動可以長壽,因為他的身體本身有在運動,就表示風息很足,風息非常的足, 氣就很強壯,氣力就很強壯。不運動的人他本身的體骼會硬化,他經常不運動,表示他的氣脈不通。氣脈通的人懂的要氣脈通的,一定要注意,密教也有金剛拳,就 是要通你的氣脈,要運動。另外一個老伯就講呀,另外一個老頭子,長壽老頭子他就講呀,他說我為什麼會長壽?因為我的老婆很醜(眾笑),老婆很醜就會長壽, 老婆太漂亮就會短壽,這個原因這個你們想一想就知道了。

Mahaguru : “Mahadewi Yaochi sendiri juga mengajarkan hal yang sama, yaitu dari mana saripati , qi dan roh Anda bocor keluar, maka dari situlah harus dikumpulkan kembali. Dalam Tantrayana juga dikatakan demikian, Buddhisme dan Taosime juga sama, dari mana bocornya, maka dari situ pulalah dijaga dan dikumpulkan kembali. (Ket : contoh sederhananya adalah kita memboroskan qi dan kesadaran kita dengan bicara yang tidak bermanfaat, maka ini dinamakan qi dan kesadaran bocor melalui mulutkesadaran yang bocor adalah menjadi carut marut dan diluar kendali. Maka dengan menjaga ucapan berarti kita mencegah kebocoran dan mengumpulkan kembali energy positif) . Maka dalam Tantrayana diajarkan Sadhana Anasrava (tidak bocor)『無漏法 - Wuloufa』, kebocoran itu ada kebocoran jasmani, kebocoran tubuh jasmani. Ada lelucon mengenai kebocoran jasmani ini, ada tiga orang tua yang panjang usia, ada seorang yang datang minta diajari oleh orang tua panjang usia itu, dia bertanya bagaimana bisa memperoleh panjang usia ? Orang tua yang satu mengatakan saat tidur dia tidak menutupi hidungnya, maksudnya adalah qi atau nafasnya dapat lancar. Yang satunya lagi mengatakan dia sering berolah raga, olah raga dengan rajin bisa panjang umur, karena olahraga berarti qi nya tercukupi dan kuat. Orang yang jarang berolah raga nadi dan qi nya tidak lancar. Orang yang qi dan nadinya lancar mengerti manfaatnya, harus diperhatikan , dalam Tantrayana juga ada Tinju Vajra, yaitu untuk melancarkan qi dan nandi.

Kemudian orang tua yang terakhir mengatakan : saya bisa panjang usia karena istri saya sangat jelek. (Tawa hadirin) . Istrinya jelek maka dia panjang umur, jika istrinya sangat cantik maka dia akan pendek usia, Anda sekalian coba pikirkan sebabnya pasti akan tahu.”

那 佛教講要「心無漏」,心無漏是指煩惱。你要知道這個煩惱的漏是很厲害的,所以佛教要講斷煩惱、斷煩惱呀,煩惱一定要斷呀,煩惱如果斷的話你才能長壽自在, 你經常煩惱的話就是一種漏,這是屬於心無漏。很多煩惱的人他壽命不會長,樂天知命什麼事都沒有,飯來張口,這個身體疲勞了你就睡覺,沒有煩惱你睡的好、吃 的下、睡的著,什麼事都沒有,也沒有什麼心思,沒有特別的心思,愈了解事情愈少愈好,什麼都不去想,什麼煩惱也不生,這樣子才能心無漏呀。

Mahaguru : “Kemudian dalam Buddhisme dikatakan juga mengenai Hati Anasrava「心無漏 – Xin Wulou」,yang dimaksud dengan hati tidak bocor disini adalah tanpa keruwetan batin. Anda harus tahu kebocoran karena keruwetan batin adalah sangat hebat, maka dalam Buddhisme diajarkan untuk memotong keruwetan batin, bila keruwetan batin dapat dipatahkan, maka Anda akan leluasa, sehat dan panjang usia, jika Anda sering timbul keruwetan batin (kemelekatan beban pikiran) maka itu adalah kebocoran. Orang yang banyak pikiran kacau usianya tidak akan panjang, jika tidak ada kerisauan maka Anda akan tidur dengan nyenyak dan makan dengan baiktidak ada masalah, tidak ada beban pikiran, semakin sedikit mengtahui masalah semakin baik, tidak terbebani oleh hal apapun, dengan demikian barulah mencapai hati anasrava.”

所 以我們修行的時候呀,要懂的心無漏呀,你看像外面那個汽車就在漏呀(眾笑, 剛好有車因風大, 感應器就一直叫),哎哎叫哎哎叫,每天都在哎哎叫,那哎哎哎叫你怎麼會長壽,你煩惱太多嘛。那它叫叫叫到最後它沒有力了,電池沒有了它就不叫了,電池有它 就叫,它有力它就叫呀,沒有力也能叫就叫不出聲。所以我們呀,行者無思無心,就是心無漏。

Mahaguru : “Maka saat kita membina diri haru mengetahui apa itu hati anasrava, Anda lihat semua kendaraan di luar itu sedang bocor (para hadirin tertawa, pada sat itu karena anginya kencang ada salah satu mobil yang alarm nya sampai berbunyi) berbunyi “Aiaiaiaiaiai” jika demikian bagaimana Anda bisa panjang umur ? Sebab kerisauan Anda terlampau banyak. Saat dia (alarm mobil) terus berbunyi sampai akhirnya kehabisan tenaga, jika energi sudah habis, maka dia tidak akan berbunyi lagi, karena ada energi maka dia baru bisa berbunyi, jika tiada energi walaupun bisa berbunyi juga tidak akan sanggup berbunyi. Maka kita sebagai sadhaka tiada beban pikiran , yaitu hati anasrava.”

另 外還要「口無漏」,口無漏是什麼口無漏?我們不講這些妄語、綺語、兩舌、惡口,不重要的話不講,我們好像平時聊天,每天到晚去串門子,去聊天,今天講這個 家,明天講那一個家,後天講那一家,講個不停,這種聊天對行者本身是不對的。一個修行人重要的話講一講就好,其他的話不要講太多,多唸佛、持咒,少聊天、 少講是非,這個就是口無漏。

Mahaguru : “Selain itu kita juga harus mencapai Mulut Anasrava, apa maksudnya mulut tidak bocor ? yaitu kita tidak berbicara yang semabarngan, atau pembicaraan yang tidak bermanfaat, berlidah dua, kata kata jahat, jangan membicarkan hal hal yang tidak penting, seperti orang berbincang – bincang biasanya suka membicarakan orang lain, hari ini keluarga ini, besok keluarga itu, tidak habisnya dibicarakan, pembicaraan yang seperti ini tidak baik bagi seorang sadhaka. Seorang sadhaka cukup membicarakan hal yang penting saja. Pembicaraan yang lain jangan dibicarakan terlampau banyak, banyak banyak lah melafal Buddha, menjapa mantra, sedikit ngobrol, jangan suka menggosip, ini adalah mulut anasrava.”

當 然這幾個無漏都關連到這個身口意的,最後的就是身無漏。佛教講的,這個能夠「漏盡通」呀,漏盡通就是說你已經什麼都不漏了,你身體也沒有漏了、口也沒有漏 了、你的意念也沒有漏了、心無漏了,這個就叫作「漏盡通」,是六大神通最後的一通,叫漏盡通。你能夠漏盡通,你就成佛了。瑤池金母也講,瑤池金母不是這樣 子講,瑤池金母說你從那裡漏出去的,就從那裡收回來,跟佛教講的漏盡通是一樣的,你不覺得嗎?

Mahaguru : “Tentu saja ketidak bocoran yang tadi semua bersangkutan dengan tubuh, ucapan dan pikiran, yang paling akhir adalah ketidak bocoran tubuh. Dalam Buddhisme dikatakan bila dapat merealisasikan Asravaksayajnana「漏盡通 - loujintong Asravaksayajnana adalah Anda tidak lagi mengalami kebocoran apapun. Tubuh, ucapan dan pikiran Anda tidak lagi bocor, ini dinamakan Anasravaksayajnana. Merupakan abhijna yang terakhir dalam jajaran Sadmahaabhijna (六大神通 – Liuda shentong) , yang paling akhir yaitu Anasravaksayajnana. Bila Anda dapat merelaisaikannya maka Anda telah mencapai Kebuddhaaan. Mahadewi Yaochi juga mengatakan, dari mana Anda membocorkannya, dari situ pulalah Anda tarik kembali, ini sama dengan Anasravaksaya dalam Buddhisme. Apakah Anda tidak merasa demikian ?”

瑤 池金母講你那裡漏出去的從那裡收回來,你如果從心漏出去的,從心收回來,你從口漏出去的,從口收回來,你從身體漏出去的,從身體收回來,跟瑤池金母講的一 樣。瑤池金母的金丹大法,就是你要怎麼樣把身口意漏出去的收回來,佛陀講的心無漏、口無漏、身無漏,豈不是相通的嗎?金丹大法就是要把你的身、口、意的 漏,全部給它停止而且收回來,這個就是瑤池金母的「金丹大法」(眾鼓掌)

Mahaguru : “Mahadewi Yaochi mengatakan dari mana Anda bocor, maka dari situ pulalah Anda tarik kembali, jika Anda mengalami kebocoran dari hati, maka dari hati pula Anda harus mengembalikannya. Jika mengalami kebocoran dari mulut, maka dari mulut Anda kembalikan. Jika dari tubuh , maka dari tubuh mengembalikannya. Sama dengan yang diajarkan oleh Mahadewi Yaochi. Mahasadhana Pil Emas Dewi Yaochi adalah mengumpulkan kembali yang bocor melalui tubuh , ucapan dan pikrian. Bukankah ini sama dengan yang diajarkan oleh Buddha tentang batin anasrava, mulut anasrava dan tubuh anasrava ? Sadhana Pil Emas adalah menghentikan semua kebocoran tubuh, ucapan dan pikiran, kemudian mengumpulkannya kembali. Inilah Sadhana Pil Emas Mahadewi Yaochi. (tepuk tangan hadirin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segala Pahala Kebajikan dari pembabaran Dharma di blog ini, seluruhnya dipersembahkan kepada Mula Guru Dharmaraja Lian Sheng, semoga Dharmaraja Lian Sheng selamanya menetap di dunia, dan memutar Roda Dharma dalam bentuk kendaraan besar dan kecil untuk berbagai tingkat kemampuan dalam motivasi semua makhluk yang ada saat ini. Semoga saya dapat segera mencapai Pencerahan Sempurna demi semua makhluk. Semoga semua makhluk yang hidup di Samsara dapat berjodoh dengan Buddha Dharma, mempraktekkan Dharma, setelah memperoleh pengetahuan, dapat mengalahkan musuh - musuh yang berbahaya, dari ketiga racun, dan dapat mencapai Pencerahan

Om Mani Padme Hum

Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Saudara Sedharama, Lian Hua Shi An yang telah menerjemahkan sangat banyak Materi Dharma dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia, yang mana hasil terjemahannya sangat banyak yang saya post di blog ini

Manjusri Mantra

Music


Music