Glorious Vajrasattva part 4
─《大正藏》第十九冊頁78下。
「若人得聞金剛薩埵名字及見身者。 於七生中得最上地。」
─大正新脩大藏經 第十八冊 No. 887
金剛薩埵者是普賢菩薩,即一切如來長子,是一切如來菩提心,是一切如來祖師,是故一切如來禮敬金剛薩埵。如經所說:
金剛薩埵三摩地,名為一切諸佛法,
此法能成諸佛道,若離此更無有佛......
金剛薩埵五密即為如來部,是即金剛部,是即蓮華部,是即寶部。五身同一大蓮華者,為大悲解脫義。
是故菩薩勝慧者,乃至盡生死,恆作眾生利,而不趣涅槃。以何等法,能得如此?是故般若及方便,智度所加持,諸法及諸有,一切皆清淨。諸法及諸有,名為人、法二執。是故欲等調世間,令得淨除故,有頂及惡趣,調伏盡諸有。
由 住虛空藏三摩地,於人、法二執,皆悟平等清淨,猶如蓮華。是故如蓮性清淨本潔,不為垢所染,諸欲性亦然。不染利群生者,作安樂利益事,居大自在位,是故大 欲得清淨,大安樂富饒,三界得自在。能作堅固利益者,菩提心為因。因有二種:度無邊眾生為因,無上菩提為果。複次大悲為根,兼住大悲心,二乘境界風所不能 動搖,皆由大方便。方便者,三密金剛以為增上緣,能證毗盧遮那清淨三身果位。
─《Vajrasekharasutra Yoga Lokesvararajatatahagatasadhana》。Tripitaka Vol.19 page 78 akhir
“Bila seseorang mendengar nama dan melihat Vajrasattva Bodhisattva, maka dalam tujuh kelahiran dia akan memperoleh bhumi tertinggi”
─Tripitaka Vol.18 No. 887《Sutra Mahatantraraja Anuttarayoga Samatha Yang Tiada Duanya》
Vajrasattva adalah Samanthabadra Bodhisattva, merupakan putera tertua dari Para tathagata, merupakan Bodhicitta para Tathagata, merupakan Guru Leluhur Para Tathagata, oleh karena itulah Para Tathagata bersujud kepada Vajrasattva. Seperti yang dikatakan oleh sutra :
Vajrasattvasamadhi dinamakan Dharma dari Para Buddha.
Dharma ini mampu membawa realisasi pada Kebuddhaan, diluar jalan ini, tidak ada Buddha.
Pancatantra dari Vajrasattva adalah :
Tathagatakula, Vajrakula, Padmakula, Ratnakula, kelima tubuh merupakan satu Mahapadma, sebagai manifestasi pembebasan Mahakaruna.
Oleh karena itu para Bodhisattva Yang memiliki kebijaksanaan unggul, bahkan sampai akhir kelahiran dan kematian, senantiasa berkarya demi kebaikan para insan, dan tidak Parinirvana. Oleh karena metode apakah sehingga mampu demikian ? oleh karena Prajna dan upaya kausalya, serta adhistana dari prajna penyelamatan, sarvadharma dan segala keberadaan, semua tersucikan. Semua dharma dan kondisi, dinamakan kemelekatan pada orang dan dharma. Oleh karena itulah Beliau menaklukan semesta, supaya tersucikan, menyingkirkan alam rendah, menaklukan habis semua kondisi.
Menetap pada Samadhi Akasagarbha, menyadari sama rata dan kesucian insan dan Dharma, bagaikan padma. Oleh Karen itulah bagaikan sifat padma yang suci, yang tak tercemari, demikian pula dengan sifat nafsu keinginan. Yang maha Suci dan Memberi Manfaat Pada Para Insan, selalu berkarya memberikan ketenteraman dan berbagai manfaat, bersemayam pada posisi Maha Leluasa, oleh karena itulah nafsu keinginan besar menjadi tersucikan, selalu dikelilingi kemakmuran dan ketentraman, dan leluasa dalam triloka.
Yang Memberikan Kekokohan dan Manfaat, penyebabnya adalah Bodhicitta. Penyebab itu ada dua macam : menyelamatkan insan tanpa batas sebagai sebabnya, Anuttara Boddhi sebagai buahnya. Mahakaruna sebagai akar, menetap dalam belas kasih agung, tingkatan dua yana ini tak bisa digoyahkan oleh angin topan sekalipun, semua berasal dari upaya kausalya yang agung. Yang Berkarya Dengan Menyesuaikan Pada Pembawaan Para Insan, triguhya Vajra sebagai penambah jodoh baik, mampu merealisasi Trikaya suci dari Mahavairocana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar