Intisari Sadehana Visualisasi Prajna Khadga Manjushri Bodhisatva
Kutipan dari Buku Maha Guru Lian Sheng "Mizangqizhongqi"
Kutipan dari Buku Maha Guru Lian Sheng "Mizangqizhongqi"
茲將“文殊菩薩篋劍觀”修持儀軌,詳述如下:
(入壇念清淨咒至念高王觀世音真經。一〜七項,照儀軌修)
Demikianlah Tata Cara Sadhana Visualisasi Pedang Prajna Manjusri :
Memasuki mandala, menjapa mantra pembersihan sampai Sutra Raja Agung (lihat buku puja bakti poin 1-7)
結印:五字文殊印。雙手先外縛,雙火指豎立,相觸,屈上節,即是金剛劍印
Mudra : Mudra Pancaksara Manjusri : Kedua tangan saling merangkap keluar, kedua jari agni berdiri saling bersentuhan , ruas atasnya dibengkokkan, ini adalah Vajrakhadga Mudra.
第一觀想:
文殊菩薩在虛空中顯現。一頭二臂,右手利劍,左手青蓮華,青蓮華之上有梵篋,文殊菩薩騎獅子。
Visualisasi 1 : Manjusri muncul di angkasa, berkepala satu dan berlengan dua, tangan kanan membawa pedang tajam, tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab sutra, Manjusri menunggangi Singa.
洗滌不淨除無知。躬得大智餙得明。
Xidi bujing chuwuzhi ~ Gongde dazhi xideming
Menyuci kekotoran melenyapkan avidya ~ Memperoleh Mahaprajna dan Vidya
種子字速手幟深。梵篋寶劍與篋劍。
Zhongzizi sushou zhisheng ~ Fanjiabaojian yu jiajian
Bijaksara dengan makna mendalam ~ Kitab Sutra Ratnakhadga dan sarung pedang
依之即得講辨箸。
Yizhidejiangbanzhu
Berlindung padanya pasti memperoleh kefasihan berbicara
也就是觀想,文殊菩薩咒輪旋轉,旋轉出大量之白光,如乳汁般之法流,一直降到自己的梵穴上(無量自性智慧,色白如乳)由梵穴進入而烕滿全身。觀想無始已來,所積一些罪障業墮破戒黑業,現出蜘蛛、蟲蛇、蝦蟆等相,由一一毛孔爬了出去。
Bervisualisasi cakramantra dari Manjusri berputar, memancarkan maha cahaya putih, aliran Dharma bagaikan susu, terus menerus turun memasuki ubun-ubun sadhaka (Prajna sifat sejati yang tak terhingga, berwarna putih susu), masuk melalui ubun-ubun memenuhi sekujur tubuh. Bervisualisasi semua karmawarana dan pelanggaran sila berubah menjadi laba-laba, ulat, katak dan lain sebagainya, keluar satu persatu dari pori-pori tubuh.
這是咒輪旋轉,降澍白乳甘露烕身充滿,一切無知罪業痴暗捨棄,剎那清淨,自身瑩澈光自性。
Ini adalah visualisasi cakramantra berputar memancarkan amrta putih yang memasuki seluruh tubuh, menyingkirkan semua karma avidya dan kebodohan, seketika menjadi suci, tubuh penuh dengan cahaya Sifat Sejati.
第二觀想:~ Visualisasi kedua :
父子身樹紅黃妙甘露。身內所遍甘露佛身相。
Fuzi shenshu honghuang miaoganlu ~ Shennei suobian ganlu fo shenxiang
Tubuh putera bermandikan amrta keluhuran berwarna kuning kemerahan
Amrta memenuhi tubuh menjadi Buddha
於中放光召請勝與子。一切極智佛身相入已。
Yuzhongfangguang zhaoqing shengyu zi ~ Yiqie jizhi foshenxiang ru yi
Memancarkan cahaya mengundang putera dan Yang Vijaya
Setelah Wujud Buddha Prajna memasuki
佛身光照身內極瑩澈。除淨於取捨處諸暗昧。
Foshenguangzhao shennei ji yingche ~ chujing yu qu shechu zhu anwei
Cahaya Buddha menyucikan tubuh dan batin ~ Menyingkirkan semua kegelapan
所知取捨諸處依自力。能析大智於是而獲得。
shuozhi qushe zhuchu yizili ~ nengxi dazhi yu shi er huode
Dengan kemampuan sendiri mengetahui apa yang harus diambil dan dilepaskan
Mampu mengobservasi Kebijaksanaan agung dan memperolehnya
這是由咒音聲中的觀想,密宗行者觀想一一咒音,是文殊菩薩的柔和之聲相,一一柔和的咒音,化為無量紅黃色的甘露,充滿十方世界,也就是咒音聲相紅黃色甘露,由行者之一一毛孔而灌入。
Ini adalah visualisasi suara mantra, sadhaka bervisualisasi satu demi satu suara mantra adalah suara lembut dari Manjusri Bodhisattva, satu demi satu adalah suara mantra yang lembut, berubah menjadi amrta kuning kemerahan yang tak terhingga banyaknya, memenuhi sepuluh penjuru dunia, dengan kata lain suara mantra berupa amrta kuning kemerahan, satu demi satu mengabhiseka masuk melalui pori pori sadhaka.
此即得到增長一切之所智,得密教之最勝義,依自力能析大智也。
Dengan demikian akan menambah kebijaksanaan kita, memperoleh pemahaman akan makna sejati Tantrayana, dengan kemampuan diri sendiri mampu mengobservasi Kebijaksanaan Agung.
第三觀想:~ Visualisasi ke 3 :
父子身樹紅黃妙甘露。身內所烕甘露種字相。
Fuzi shenshu honghuang miaoganlu ~ shennei shuomie ganlu zhongzixiang
Amrta nan luhur kuning kemerahan tercurahkan pada tubuh ayah dan putera
Amrta berupa bijaksara masuk ke dalam tubuh
放光召請勝者諸速智。種子字相入於自己身。
fangguang zhaoqing shengzhe zhusuzhi ~ zhongzizixizng ruyu ziji shen
Memancarkan cahaya mengundang kebijaksanaan dari Yang Terunggul
Bijaksara memasuki tubuh種子光照身內極瑩徹。除淨一切妄想迷亂垢。
zhongziguang zhaoshennei ji yingche ~ chujing yiqie wangxiang miluankou
Cahaya bija menyinari tubuh menjadikannya sangat cemerlang
Menyucikan semua noda keruwetan batin
不了邪妄疑垢始生時。能滅速智於是而獲得。
buliao xiewang yikou shishengshi ~ nengmie shuzhi yushi erhuode
Disaat timbul pikiran liar dan keraguan,
akan mampu melenyapkannya dengan kebijaksanaan
這是觀想種子字「底」。也就是十方虛空之中,皆現出種子字「底」,而種子字皆現紅黃光,這種子字「底」,從一一毛孔進入密宗行者的身中,而行者自身變化成種子字相。
Bervisualisasi bijaksara DHIH. Di sepuluh penjuru angkasa, muncul bijaksara DHIH, semuanya bersinar kuning kemerahan, satu demi satu bijaksara ini memasuki tubuh sadhaka.
此觀想可得「極快速的大智慧」。由於種子字極瑩徹,可除一切難去之邪妄疑垢,獲得「速智」。
Dengan penekunan visualisasi ini , dapat memperoleh Mahaprajna dengan cepat, karena bijaksara sangat cemerlang, maka dapat melenyapkan noda keruwetan pikiran dan keraguan.
第四觀想:Visualisasi keempat
父子身澍紅黃妙甘露。身內所烕甘露篋劍相。
Fuzi shenshu honghuang miaoganlu ~ shenneishuomie ganlu jiajianxiang
Tubuh putera bermandikan amrta kuning kemerahan
Amrta di dalam tubuh menjadi pedang mustika
放光召請勝者諸深智。手幟之相入於自己身。
Fangguang zhaoqing shengzhe zhu shenzhi ~ shouzhi zhi xiang ruyu zizjishen
Memancarkan cahaya menyerap segala kebijaksanaan mendalam
Rupa panji memasuki tubuh
手幟光照身內極瑩徹。除淨一一阻滯等愚痴。
Shouzhiguang zhaoshen nei ji yingche ~ chujing yiyi zuzhi dengyuchi
Sinar panji mencermerlangkan tubuh
Menyingkirkan segala macam kebodohan
他所莫能測量無阻滯。能入深智於是而獲得。
Tashuo moneng celiang wuzuzhi ~ nengru shenzhi yushi erhuode
Tiada halangan dan tak terperikan, mampu memasuki kebijaksanaan mendalam
這個觀想非常重要,也就是「文殊菩薩篋劍觀」的要點。這是虛空中的文殊菩薩,其右手寶劍及左手青蓮華上的一梵篋」均放出大光明,此大光明烕照密宗行者之週身,餙令一切無阻而得入深智也。一切法本的文義,及一切法埋均得明辨。
Visualisasi ini sangat penting, juga merupakan inti dari Sadhana Visualisasi Pedang Kebijaksanaan Manjusri. Inilah Manjusri yang berada di angkasa dengan tangan kanan membawa pedang mustika dan tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab, Dharmayudam ini semuanya memancarkan cahaya yang menyinari sekujur tubuh sadhaka, menyingkirkan rintangan dan memasuki kebijaksanaan mendalam. Makna dalam semua kitab ajaran akan dipahami dengan jelas.
再觀想密宗行者之臍輪,化為一朵蓮花,蓮花上現出「底」字,「底」字上現出一劍,劍上立「嗡。阿。拉。巴。查。納」六字。此劍右旋,可達於口中的舌根,可得辯才無礙。一切的外道邪說可以破除之,一切辯智於是而獲得,這是得口舌辯才三昧。
Bervisualisasi manipura cakra sadhaka berubah menjadi sekuntum padma yang diatasnya terdapat aksara DHIH, diatas aksara DHIH terdapat sebilah pedang, di atas pedang terdapat enam aksara : "Om A Ra Pa Tsa Na " , pedang ini berputar ke arah kanan, ujungnya mencapai ujung lidah sadhaka, dengan demikian akan memperoleh kefasihan berbicara tanpa halangan. Semua ajaran sesat dapat dikalahkan, memperoleh kemampuan debat kebijaksanaan, ini merupakan realisasi samadhi kefasihan lidah.
這蓮花寶劍觀想,常常在自身放光,可以寫作論述,善能著作無礙之智也,由於「蓮花寶劍觀」,其著作文字,永垂青史,可以不朽,這是舉世偉大的論述。
Visualisasi Pedang Mustika di atas padma ini senantiasa memancarkan cahaya akan memperoleh keahlian menulis, memperoleh kebijaksanaan tanpa halangan, dengan visualisasi ini maka hasil tulisannya akan selalu menarik, merupakan sebuah tulisan yang luhur dan memberikan sumbangsih bagi dunia.
持心咒:Menjapa Mantra Hati
「嗡。阿。拉。巴。查。納。底。」(百○八遍至一千八十遍)
"Om A La Ba Zha Na Di" 108 kali atau 1080 kali
「底」字梵字形「」
靜坐。入三摩地:
一切泯滅之時,不知身歸何處,身意生起殊樂,即三摩矣!
Bermeditasi memasuki samadhi. Melenyapkan pikiran kacau, tidak melekat pada ego, akan timbul sukha yang luhur dalam batin, inilah fenomena samadhi.
出定。迴向:
Keluar dari samadhi dan melakukan Pelimpahan Jasa :
文殊師利大法王。
Wenshushili dafawang
Maharajadharma Manjusri
篋劍寶光是非凡。
Jiajian baoguang shi feifan
Sinar Mustika Pedang yang luar biasa
四觀即得大智慧。
Siguan jide da zhihui
Dengan empat visualisasi memperoleh Mahaprajna
十方世界現光芒。
Shifang shijie xian guangmang
Sepuluh penjuru alam bersinar
大禮拜佛。出壇。
Mahanamaskara ~ Keluar dari altar
吉祥圓滿。
paripurna dan manggala
此法之重點在「四個觀想」之上,此四個觀想非常重要,非常重要。修習清清楚楚,明明白白,一定得到大智慧也。
Inti dari sadhana ini ada pada empat macam visualisasi yang sangat penting. Tekunilah sampai jelas maka pasti memperoleh Mahaprajna.
文殊菩薩篋劍觀法儀軌
Tata Cara Sadhana Visualisasi Prajna Khadga Manjusri Bodhisatva
Tata Cara Sadhana Visualisasi Prajna Khadga Manjusri Bodhisatva
先祈求根本傳承加持:Terlebih dahulu memohon adhistana Mahamulacarya :
先觀空,次觀想根本傳承上師蓮生活佛住頂放光加持,持「根本傳承上師心咒」七遍,祈求修法圓滿。Visualisasi kesunyataan, kemudian bervisualisasi Mahamulacarya Liansheng menetap di cakra usnisa memancarkan cahaya adhistana, menjapa Mantra Hati Guru 7 kali, memohon kesempurnaan sadhana.
再作四無量心觀。Visualisasi Caturapramana.
作驚醒手印:拍掌兩下,再交加彈指。Mudra Pembuka : Bertepuk tangan dua kali , tangan disilangkan dan mengklik jari.
一、唸清淨咒Menjapa mantra pembersihan.
二、唸召請咒Menjapa mantra pengundang.
三、大禮拜Mahanamaskara.
四、大供養Mahamandalapuja.
五、四皈依咒Mantra Catursarana.
六、披甲護身Simabandhana diri.
七、唸高王觀世音真經Melafalkan Sutra Raja Agung Avalokitesvara.
八、加唸往生咒(七遍)Menjapa Sukhavativyuha Dharani (7x)
九、加唸根本傳承上師心咒:嗡。咕嚕。蓮生。悉地。吽。(一○八遍)Mantra Mulacarya : "Om Gulu Lian Sheng Xidi Hum " (108x)
十、結印及觀想Membentuk mudra dan bervisualisasi :
結印:雙手結「文殊師利菩薩手印」:Mudra Manjusri Manjushri Bodhisatva:
手印:五字文殊印。雙手先外縛,雙火指豎立,相觸,屈上節,即是金剛劍印
Mudra : Mudra Pancaksara Manjusri : Kedua tangan saling merangkap keluar, kedua jari agni berdiri saling bersentuhan , ruas atasnya dibengkokkan, ini adalah Vajrakhadga Mudra.
觀想:Visualisasi :
先觀空,唸觀空咒:Visualisasi kesunyataan, menjapa mantra visualisasi kesunyataan 3x :
嗡。司巴瓦。速達。沙爾瓦。打爾嘛。司巴瓦。速朵杭。(三遍) "Om Sibawa Suda Saerwa Daerma Sibawa Suduohang "
大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有紅黃色種子字「底」字,放大紅黃光。月輪中「底」字 旋轉,化為文殊師利菩薩,一頭二臂,右手利劍,左手青蓮華,青蓮華之上有梵篋,文殊菩薩騎獅子。也就是觀想 ,文殊菩薩咒輪旋轉,旋轉出大量之白光,如乳汁般之法流,一直降到自己的梵穴上(無量自性智慧,色白如乳) 由梵穴進入而烕滿全身。觀想無始已來,所積一些罪障業墮破戒黑業,現出蜘蛛、蟲蛇、蝦蟆等相,由一一毛孔爬 了出去。 這是由咒音聲中的觀想,密宗行者觀想一一咒音,是文殊菩薩的柔和之聲相,一一柔和的咒音,化為無 量紅黃色的甘露,充滿十方世界,也就是咒音聲相紅黃色甘露,由行者之一一毛孔而灌入。此即得到增長一切之所 智,得密教之最勝義,依自力能析大智也。這是觀想種子字「底」。也就是十方虛空之中,皆現出種子字「底」, 而種子字皆現紅黃光,這種子字「底」,從一一毛孔進入密宗行者的身中,而行者自身變化成種子字相。此觀想可 得「極快速的大智慧」。由於種子字極瑩徹,可除一切難去之邪妄疑垢,獲得「速智」。這個觀想非常重要,也就 是「文殊菩薩篋劍觀」的要點。這是虛空中的文殊菩薩,其右手寶劍及左手青蓮華上的一梵篋」均放出大光明,此 大光明烕照密宗行者之週身,餙令一切無阻而得入深智也。一切法本的文義,及一切法埋均得明辨。再觀想密宗行 者之臍輪,化為一朵蓮花,蓮花上現出「底」字,「底」字上現出一劍,劍上立「嗡。阿。拉。巴。查。納」六字 。此劍右旋,可達於口中的舌根,可得辯才無礙。一切的外道邪說可以破除之,一切辯智於是而獲得,這是得口舌 辯才三昧。這蓮花寶劍觀想,常常在自身放光,可以寫作論述,善能著作無礙之智也,由於「蓮花寶劍觀」,其著 作文字,永垂青史,可以不朽,這是舉世偉大的論述。
Diatas samudera, langit cerah tanpa awan, cakracandra muncul dari permukaan laut, ditengah cakracandra terdapat bijaksara Dhih berwarna Oranye, memancarkan Maha Cahaya Oranye. Bijaksara Dhih berputar searah jarum jam, berubah menjadi Manjushri Bodhisatva, berkepala satu dan berlengan dua, tangan kanan membawa pedang tajam, tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab sutra, Manjusri menunggangi Singa. Bervisualisasi cakramantra dari Manjusri berputar, memancarkan maha cahaya putih, aliran Dharma bagaikan susu, terus menerus turun memasuki ubun-ubun sadhaka (Prajna sifat sejati yang tak terhingga, berwarna putih susu), masuk melalui ubun-ubun memenuhi sekujur tubuh. Bervisualisasi semua karmawarana dan pelanggaran sila berubah menjadi laba-laba, ulat, katak dan lain sebagainya, keluar satu persatu dari pori-pori tubuh. Ini adalah visualisasi suara mantra, sadhaka bervisualisasi satu demi satu suara mantra adalah suara lembut dari Manjusri Bodhisattva, satu demi satu adalah suara mantra yang lembut, berubah menjadi amrta kuning kemerahan yang tak terhingga banyaknya, memenuhi sepuluh penjuru dunia, dengan kata lain suara mantra berupa amrta kuning kemerahan, satu demi satu mengabhiseka masuk melalui pori pori sadhaka. Dengan demikian akan menambah kebijaksanaan kita, memperoleh pemahaman akan makna sejati Tantrayana, dengan kemampuan diri sendiri mampu mengobservasi Kebijaksanaan Agung. Bervisualisasi bijaksara DHIH. Di sepuluh penjuru angkasa, muncul bijaksara DHIH, semuanya bersinar kuning kemerahan, satu demi satu bijaksara ini memasuki tubuh sadhaka. Dengan penekunan visualisasi ini , dapat memperoleh Mahaprajna dengan cepat, karena bijaksara sangat cemerlang, maka dapat melenyapkan noda keruwetan pikiran dan keraguan. Visualisasi ini sangat penting, juga merupakan inti dari Sadhana Visualisasi Pedang Kebijaksanaan Manjusri. Inilah Manjusri yang berada di angkasa dengan tangan kanan membawa pedang mustika dan tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab, Dharmayudam ini semuanya memancarkan cahaya yang menyinari sekujur tubuh sadhaka, menyingkirkan rintangan dan memasuki kebijaksanaan mendalam. Makna dalam semua kitab ajaran akan dipahami dengan jelas. Bervisualisasi manipura cakra sadhaka berubah menjadi sekuntum padma yang diatasnya terdapat aksara DHIH, diatas aksara DHIH terdapat sebilah pedang, di atas pedang terdapat enam aksara : " Om A Ra Pa Tsa Na " , pedang ini berputar ke arah kanan, ujungnya mencapai ujung lidah sadhaka, dengan demikian akan memperoleh kefasihan berbicara tanpa halangan. Semua ajaran sesat dapat dikalahkan, memperoleh kemampuan debat kebijaksanaan, ini merupakan realisasi samadhi kefasihan lidah. Visualisasi Pedang Mustika di atas padma ini senantiasa memancarkan cahaya akan memperoleh keahlian menulis, memperoleh kebijaksanaan tanpa halangan, dengan visualisasi ini maka hasil tulisannya akan selalu menarik, merupakan sebuah tulisan yang luhur dan memberikan sumbangsih bagi dunia.
十一、持文殊師利菩薩心咒 Menjapa Mantra Hati Manjusri Bodhisatva.
持唸珠觀想:Visualisasi penggunaan japamala :
(雙手持唸珠置胸前,唸時用大拇指撥珠。)左手觀想成金剛鈴,右手觀想成金剛杵,佛頭珠觀想成多寶佛塔,四 粒間珠觀想成四大天王,穗鬚觀想成蓮花手(佛手)。串珠的線觀想成金剛薩埵本性的白光繞一圈。持咒時每撥一 粒珠子都觀想成一尊文殊師利菩薩,來到自己面前。
(kedua tangan memegang japamala di depan dada, ibu jari digunakan untuk menggeser butir mala) visualisasi tangan kiri berubah menjadi Vajragantha. Tangan kanan menjadi Vajra. Butir kepala japamala berubah menjadi stupa Prabhutaratna, empat butir pembatas japamala berrubah menjadi Caturmaharajika, rumbai berubah menjdai tangan teratai (tangan Buddha). Benang penghubung mala berubah menjadi seutas sinar putih sifat sejati Vajrasattva. Saat menjapa mantra, tiap butir mala yang digeser berubah menjadi Manjusri Bodhisatvadi hadapan kita.
咒語:嗡。阿。拉。巴。查。納。底。(百○八遍至一千八十遍)
Mantra : "Om A La Ba Zha Na Dii" (108 kali atau 1080 kali)
Mantra dalam Lafal Sansekerta: "Om Ah Ra Pa Tsa Na Dhih"
十二、入三摩地Memasuki Samadhi.
(請詳閱蓮花童子相應法之九節佛風、入我我入觀、數息觀。)
(Silahkan menyimak Sembilan Langkah Pernafasan Buddha, memasuki diriku dan diriku memasuki, dan metode menghitung pernafasan di kitab Sadhana Padmakumarayoga)
出定。迴向: Keluar dari samadhi dan melakukan Pelimpahan Jasa :
文殊師利大法王。
Wenshushili dafawang
Maharajadharma Manjusri
篋劍寶光是非凡。
Jiajian baoguang shi feifan
Sinar Mustika Pedang yang luar biasa
四觀即得大智慧。
Siguan jide da zhihui
Dengan empat visualisasi memperoleh Mahaprajna
十方世界現光芒。
Shifang shijie xian guangmang
Sepuluh penjuru alam bersinar
十三、加持其他心咒Menjapa mantra 8 Yidam.
十四、唸佛(三遍)Melafal nama Buddha (3x)
十五、迴向Menyalurkan jasa.
願同唸佛者,同生極樂國,上報四重恩, Yuan tong nian fo zhe, tong sheng ji le guo, shang bao si zhong en
下濟三途苦,見佛了生死,如佛度一切。 Xia ji san tu ku, jian fo liao sheng si, ru fo du yi qie. Semoga kami umat Buddha, terlahir di Sukhavatiloka. Keatas berbakti kepada Sang Buddha, Guru, Ayah ibu dan Negara. Kebawah membantu mereka di tiga alam samsara. Bertekad mencapai pencerahan Buddha. Terbebas dari tumimbal lahir menyeberangkan makhluk samsara.
弟子○○○今依此作迴向。願將修法功德迴向給根本傳承上師,祈願師佛常住世間,不入涅槃,永轉法輪,佛體安 康。恭祝大家身體健康,萬事如意,道心堅固,逢凶化吉。願一切所求的願望都得到圓滿。願一切災 難退散。嗢!
Siswa (nama) dengan ini melimpahkan jasa, jasapahala sadhana dilimpahkan kepada Mamamulacarya, semoga sehat walafiat, senantiasa menetap di dunia, tidak memasuki Parinirvana, selamanya memutar Roda Dharma. Semoga kita semua sehat lahir dan batin,memiliki sraddha yang kokoh, segala permohonan yang baik dan wajar dapat terpenuhi, semoga semua malapetaka sirna. WUN!
(有關「迴向」的觀想及細節,請詳閱『密教大光華—細說真佛密法完整修持儀軌』第172頁。)
(Mengenai visualisasi dan detil dari "Penyaluran Jasa ", silahkan menyimak " Mijiao Da Guang Hua--Penjelasan Lengkap Tatacara Sadhana Tantra Zhenfo" halaman 172)
十六、唸百字明咒(三遍)Menjapa Mantrasatksara 3x
十七、大禮拜Mahanamaskara.
十八、唸圓滿咒Menjapa mantra paripurna 嗡。部林。(三遍)Om Pulin (3x) 嗡。嗎呢。唄咪。吽。Om Mani Beimi Hum.
作遣散手印:拍掌兩下,再交加彈指。
Mudra penutup : Bertepuk tangan dua kali, kedua tangan bersilangan dan mengklik jari.
修法圓滿。如意吉祥。
Sadhana selesai dengan baik dan sempurna.
Sadhana selesai dengan baik dan sempurna.
Attention ! from Taisho Tripitaka : No. 1230
佛說大輪金剛總持陀羅尼經
汝等金剛聞持咒方法。速先誦大輪金剛陀羅尼神咒。汝不持此法門者。一切諸咒縱令有驗。猶有行偽盜法之罪。滅度之後當落地獄受罪苦已當落畜生道。行偽獲罪如是。
(此代表一切要如法行持,连大輪金剛陀羅尼神咒也是需要传承才如法)
Taisho Tripitaka No.1230, Sakyamuni Buddha mengatakan : Bagi yang mendengar mantra dan tata cara, bila menekuninya tanpa tata aturan yang sah (arus abhiseka Gurumula) ~ Dharani Mahacakravajra, semua mantra tak akan berfungsi, berarti melakukan penyimpangan dan merupakan pencurian Dharma, setelah meninggal dunia akan terjatuh dalam neraka, kemudian terlahir kembali di alam hewan. Inilah akibat pelanggaran dari penyimpangan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar