Kamis, 14 Oktober 2010

Sadhana Visualisasi Prajna Khadga Manjusri Bodhisatva (文殊菩薩篋劍觀法)





Intisari Sadehana Visualisasi Prajna Khadga Manjushri Bodhisatva

Kutipan dari Buku Maha Guru Lian Sheng "Mizangqizhongqi"



茲將“文殊菩薩篋劍觀”修持儀軌,詳述如下:

(入壇念清淨咒至念高王觀世音真經。一〜七項,照儀軌修)

Demikianlah Tata Cara Sadhana Visualisasi Pedang Prajna Manjusri :

Memasuki mandala, menjapa mantra pembersihan sampai Sutra Raja Agung (lihat buku puja bakti poin 1-7)

  結印:五字文殊印。雙手先外縛,雙火指豎立,相觸,屈上節,即是金剛劍印

Mudra : Mudra Pancaksara Manjusri : Kedua tangan saling merangkap keluar, kedua jari agni berdiri saling bersentuhan , ruas atasnya dibengkokkan, ini adalah Vajrakhadga Mudra.

  第一觀想:

  文殊菩薩在虛空中顯現。一頭二臂,右手利劍,左手青蓮華,青蓮華之上有梵篋,文殊菩薩騎獅子。

Visualisasi 1 : Manjusri muncul di angkasa, berkepala satu dan berlengan dua, tangan kanan membawa pedang tajam, tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab sutra, Manjusri menunggangi Singa.

  洗滌不淨除無知。躬得大智餙得明。

Xidi bujing chuwuzhi ~ Gongde dazhi xideming

Menyuci kekotoran melenyapkan avidya ~ Memperoleh Mahaprajna dan Vidya

  種子字速手幟深。梵篋寶劍與篋劍。

Zhongzizi sushou zhisheng ~ Fanjiabaojian yu jiajian

Bijaksara dengan makna mendalam ~ Kitab Sutra Ratnakhadga dan sarung pedang



  依之即得講辨箸。

Yizhidejiangbanzhu

Berlindung padanya pasti memperoleh kefasihan berbicara

  也就是觀想,文殊菩薩咒輪旋轉,旋轉出大量之白光,如乳汁般之法流,一直降到自己的梵穴上(無量自性智慧,色白如乳)由梵穴進入而烕滿全身。觀想無始已來,所積一些罪障業墮破戒黑業,現出蜘蛛、蟲蛇、蝦蟆等相,由一一毛孔爬了出去。

Bervisualisasi cakramantra dari Manjusri berputar, memancarkan maha cahaya putih, aliran Dharma bagaikan susu, terus menerus turun memasuki ubun-ubun sadhaka (Prajna sifat sejati yang tak terhingga, berwarna putih susu), masuk melalui ubun-ubun memenuhi sekujur tubuh. Bervisualisasi semua karmawarana dan pelanggaran sila berubah menjadi laba-laba, ulat, katak dan lain sebagainya, keluar satu persatu dari pori-pori tubuh.

  這是咒輪旋轉,降澍白乳甘露烕身充滿,一切無知罪業痴暗捨棄,剎那清淨,自身瑩澈光自性。

Ini adalah visualisasi cakramantra berputar memancarkan amrta putih yang memasuki seluruh tubuh, menyingkirkan semua karma avidya dan kebodohan, seketika menjadi suci, tubuh penuh dengan cahaya Sifat Sejati.


  第二觀想:~ Visualisasi kedua :

  父子身樹紅黃妙甘露。身內所遍甘露佛身相。

Fuzi shenshu honghuang miaoganlu ~ Shennei suobian ganlu fo shenxiang

Tubuh putera bermandikan amrta keluhuran berwarna kuning kemerahan

Amrta memenuhi tubuh menjadi Buddha

  於中放光召請勝與子。一切極智佛身相入已。

Yuzhongfangguang zhaoqing shengyu zi ~ Yiqie jizhi foshenxiang ru yi

Memancarkan cahaya mengundang putera dan Yang Vijaya

Setelah Wujud Buddha Prajna memasuki

  佛身光照身內極瑩澈。除淨於取捨處諸暗昧。

Foshenguangzhao shennei ji yingche ~ chujing yu qu shechu zhu anwei

Cahaya Buddha menyucikan tubuh dan batin ~ Menyingkirkan semua kegelapan

  所知取捨諸處依自力。能析大智於是而獲得。

shuozhi qushe zhuchu yizili ~ nengxi dazhi yu shi er huode

Dengan kemampuan sendiri mengetahui apa yang harus diambil dan dilepaskan

Mampu mengobservasi Kebijaksanaan agung dan memperolehnya


  這是由咒音聲中的觀想,密宗行者觀想一一咒音,是文殊菩薩的柔和之聲相,一一柔和的咒音,化為無量紅黃色的甘露,充滿十方世界,也就是咒音聲相紅黃色甘露,由行者之一一毛孔而灌入。

Ini adalah visualisasi suara mantra, sadhaka bervisualisasi satu demi satu suara mantra adalah suara lembut dari Manjusri Bodhisattva, satu demi satu adalah suara mantra yang lembut, berubah menjadi amrta kuning kemerahan yang tak terhingga banyaknya, memenuhi sepuluh penjuru dunia, dengan kata lain suara mantra berupa amrta kuning kemerahan, satu demi satu mengabhiseka masuk melalui pori pori sadhaka.

  此即得到增長一切之所智,得密教之最勝義,依自力能析大智也。

Dengan demikian akan menambah kebijaksanaan kita, memperoleh pemahaman akan makna sejati Tantrayana, dengan kemampuan diri sendiri mampu mengobservasi Kebijaksanaan Agung.

  第三觀想:~ Visualisasi ke 3 :

  父子身樹紅黃妙甘露。身內所烕甘露種字相。

Fuzi shenshu honghuang miaoganlu ~ shennei shuomie ganlu zhongzixiang

Amrta nan luhur kuning kemerahan tercurahkan pada tubuh ayah dan putera

Amrta berupa bijaksara masuk ke dalam tubuh

  放光召請勝者諸速智。種子字相入於自己身。

fangguang zhaoqing shengzhe zhusuzhi ~ zhongzizixizng ruyu ziji shen

Memancarkan cahaya mengundang kebijaksanaan dari Yang Terunggul

Bijaksara memasuki tubuh

  種子光照身內極瑩徹。除淨一切妄想迷亂垢。

zhongziguang zhaoshennei ji yingche ~ chujing yiqie wangxiang miluankou

Cahaya bija menyinari tubuh menjadikannya sangat cemerlang

Menyucikan semua noda keruwetan batin

  不了邪妄疑垢始生時。能滅速智於是而獲得。

buliao xiewang yikou shishengshi ~ nengmie shuzhi yushi erhuode

Disaat timbul pikiran liar dan keraguan,

akan mampu melenyapkannya dengan kebijaksanaan

  這是觀想種子字「底」。也就是十方虛空之中,皆現出種子字「底」,而種子字皆現紅黃光,這種子字「底」,從一一毛孔進入密宗行者的身中,而行者自身變化成種子字相。

Bervisualisasi bijaksara DHIH. Di sepuluh penjuru angkasa, muncul bijaksara DHIH, semuanya bersinar kuning kemerahan, satu demi satu bijaksara ini memasuki tubuh sadhaka.


  此觀想可得「極快速的大智慧」。由於種子字極瑩徹,可除一切難去之邪妄疑垢,獲得「速智」。

Dengan penekunan visualisasi ini , dapat memperoleh Mahaprajna dengan cepat, karena bijaksara sangat cemerlang, maka dapat melenyapkan noda keruwetan pikiran dan keraguan.

  第四觀想:Visualisasi keempat

  父子身澍紅黃妙甘露。身內所烕甘露篋劍相。

Fuzi shenshu honghuang miaoganlu ~ shenneishuomie ganlu jiajianxiang

Tubuh putera bermandikan amrta kuning kemerahan

Amrta di dalam tubuh menjadi pedang mustika

  放光召請勝者諸深智。手幟之相入於自己身。

Fangguang zhaoqing shengzhe zhu shenzhi ~ shouzhi zhi xiang ruyu zizjishen

Memancarkan cahaya menyerap segala kebijaksanaan mendalam

Rupa panji memasuki tubuh

  手幟光照身內極瑩徹。除淨一一阻滯等愚痴。

Shouzhiguang zhaoshen nei ji yingche ~ chujing yiyi zuzhi dengyuchi

Sinar panji mencermerlangkan tubuh

Menyingkirkan segala macam kebodohan

  他所莫能測量無阻滯。能入深智於是而獲得。

Tashuo moneng celiang wuzuzhi ~ nengru shenzhi yushi erhuode

Tiada halangan dan tak terperikan, mampu memasuki kebijaksanaan mendalam

  這個觀想非常重要,也就是「文殊菩薩篋劍觀」的要點。這是虛空中的文殊菩薩,其右手寶劍及左手青蓮華上的一梵篋」均放出大光明,此大光明烕照密宗行者之週身,餙令一切無阻而得入深智也。一切法本的文義,及一切法埋均得明辨。

Visualisasi ini sangat penting, juga merupakan inti dari Sadhana Visualisasi Pedang Kebijaksanaan Manjusri. Inilah Manjusri yang berada di angkasa dengan tangan kanan membawa pedang mustika dan tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab, Dharmayudam ini semuanya memancarkan cahaya yang menyinari sekujur tubuh sadhaka, menyingkirkan rintangan dan memasuki kebijaksanaan mendalam. Makna dalam semua kitab ajaran akan dipahami dengan jelas.


  再觀想密宗行者之臍輪,化為一朵蓮花,蓮花上現出「底」字,「底」字上現出一劍,劍上立「嗡。阿。拉。巴。查。納」六字。此劍右旋,可達於口中的舌根,可得辯才無礙。一切的外道邪說可以破除之,一切辯智於是而獲得,這是得口舌辯才三昧。

Bervisualisasi manipura cakra sadhaka berubah menjadi sekuntum padma yang diatasnya terdapat aksara DHIH, diatas aksara DHIH terdapat sebilah pedang, di atas pedang terdapat enam aksara : "Om A Ra Pa Tsa Na " , pedang ini berputar ke arah kanan, ujungnya mencapai ujung lidah sadhaka, dengan demikian akan memperoleh kefasihan berbicara tanpa halangan. Semua ajaran sesat dapat dikalahkan, memperoleh kemampuan debat kebijaksanaan, ini merupakan realisasi samadhi kefasihan lidah.



  這蓮花寶劍觀想,常常在自身放光,可以寫作論述,善能著作無礙之智也,由於「蓮花寶劍觀」,其著作文字,永垂青史,可以不朽,這是舉世偉大的論述。

Visualisasi Pedang Mustika di atas padma ini senantiasa memancarkan cahaya akan memperoleh keahlian menulis, memperoleh kebijaksanaan tanpa halangan, dengan visualisasi ini maka hasil tulisannya akan selalu menarik, merupakan sebuah tulisan yang luhur dan memberikan sumbangsih bagi dunia.

  持心咒:Menjapa Mantra Hati


  「嗡。阿。拉。巴。查。納。底。」(百八遍至一千八十遍)

"Om A La Ba Zha Na Di" 108 kali atau 1080 kali

  「底」字梵字形「」


  靜坐。入三摩地:

  一切泯滅之時,不知身歸何處,身意生起殊樂,即三摩矣!

Bermeditasi memasuki samadhi. Melenyapkan pikiran kacau, tidak melekat pada ego, akan timbul sukha yang luhur dalam batin, inilah fenomena samadhi.


  出定。迴向:

Keluar dari samadhi dan melakukan Pelimpahan Jasa :

  文殊師利大法王。

Wenshushili dafawang

Maharajadharma Manjusri


  篋劍寶光是非凡。

Jiajian baoguang shi feifan

Sinar Mustika Pedang yang luar biasa


  四觀即得大智慧。

Siguan jide da zhihui

Dengan empat visualisasi memperoleh Mahaprajna


  十方世界現光芒。

Shifang shijie xian guangmang

Sepuluh penjuru alam bersinar

  大禮拜佛。出壇。

Mahanamaskara ~ Keluar dari altar


  吉祥圓滿。

paripurna dan manggala


  此法之重點在「四個觀想」之上,此四個觀想非常重要,非常重要。修習清清楚楚,明明白白,一定得到大智慧也。

Inti dari sadhana ini ada pada empat macam visualisasi yang sangat penting. Tekunilah sampai jelas maka pasti memperoleh Mahaprajna.



文殊菩薩篋劍觀法儀軌
Tata Cara Sadhana Visualisasi Prajna Khadga Manjusri Bodhisatva


先祈求根本傳承加持:Terlebih dahulu memohon adhistana Mahamulacarya :

先觀空,次觀想根本傳承上師蓮生活佛住頂放光加持,持「根本傳承上師心咒」七遍,祈求修法圓滿。Visualisasi kesunyataan, kemudian bervisualisasi Mahamulacarya Liansheng menetap di cakra usnisa memancarkan cahaya adhistana, menjapa Mantra Hati Guru 7 kali, memohon kesempurnaan sadhana.


再作四無量心觀。Visualisasi Caturapramana.


作驚醒手印:拍掌兩下,再交加彈指。Mudra Pembuka : Bertepuk tangan dua kali , tangan disilangkan dan mengklik jari.

一、唸清淨咒Menjapa mantra pembersihan.

二、唸召請咒Menjapa mantra pengundang.

三、大禮拜Mahanamaskara.


四、大供養Mahamandalapuja.


五、四皈依咒Mantra Catursarana.


六、披甲護身Simabandhana diri.

七、唸高王觀世音真經Melafalkan Sutra Raja Agung Avalokitesvara.


八、加唸往生咒(七遍)Menjapa Sukhavativyuha Dharani (7x)

九、加唸根本傳承上師心咒:嗡。咕嚕。蓮生。悉地。吽。(一○八遍)Mantra Mulacarya : "Om Gulu Lian Sheng Xidi Hum " (108x)


十、結印及觀想Membentuk mudra dan bervisualisasi :


結印:雙手結「文殊師利菩薩手印」:Mudra Manjusri Manjushri Bodhisatva:

手印:五字文殊印。雙手先外縛,雙火指豎立,相觸,屈上節,即是金剛劍印
Mudra : Mudra Pancaksara Manjusri : Kedua tangan saling merangkap keluar, kedua jari agni berdiri saling bersentuhan , ruas atasnya dibengkokkan, ini adalah Vajrakhadga Mudra.

觀想:Visualisasi :

先觀空,唸觀空咒:Visualisasi kesunyataan, menjapa mantra visualisasi kesunyataan 3x :

嗡。司巴瓦。速達。沙爾瓦。打爾嘛。司巴瓦。速朵杭。(三遍)
"Om Sibawa Suda Saerwa Daerma Sibawa Suduohang "
大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有紅黃色種子字「底」字,放大紅黃光。月輪中「底」字 旋轉,化為文殊師利菩薩,一頭二臂,右手利劍,左手青蓮華,青蓮華之上有梵篋,文殊菩薩騎獅子。也就是觀想 ,文殊菩薩咒輪旋轉,旋轉出大量之白光,如乳汁般之法流,一直降到自己的梵穴上(無量自性智慧,色白如乳) 由梵穴進入而烕滿全身。觀想無始已來,所積一些罪障業墮破戒黑業,現出蜘蛛、蟲蛇、蝦蟆等相,由一一毛孔爬 了出去。 這是由咒音聲中的觀想,密宗行者觀想一一咒音,是文殊菩薩的柔和之聲相,一一柔和的咒音,化為無 量紅黃色的甘露,充滿十方世界,也就是咒音聲相紅黃色甘露,由行者之一一毛孔而灌入。此即得到增長一切之所 智,得密教之最勝義,依自力能析大智也。這是觀想種子字「底」。也就是十方虛空之中,皆現出種子字「底」, 而種子字皆現紅黃光,這種子字「底」,從一一毛孔進入密宗行者的身中,而行者自身變化成種子字相。此觀想可 得「極快速的大智慧」。由於種子字極瑩徹,可除一切難去之邪妄疑垢,獲得「速智」。這個觀想非常重要,也就 是「文殊菩薩篋劍觀」的要點。這是虛空中的文殊菩薩,其右手寶劍及左手青蓮華上的一梵篋」均放出大光明,此 大光明烕照密宗行者之週身,餙令一切無阻而得入深智也。一切法本的文義,及一切法埋均得明辨。再觀想密宗行 者之臍輪,化為一朵蓮花,蓮花上現出「底」字,「底」字上現出一劍,劍上立「嗡。阿。拉。巴。查。納」六字 。此劍右旋,可達於口中的舌根,可得辯才無礙。一切的外道邪說可以破除之,一切辯智於是而獲得,這是得口舌 辯才三昧。這蓮花寶劍觀想,常常在自身放光,可以寫作論述,善能著作無礙之智也,由於「蓮花寶劍觀」,其著 作文字,永垂青史,可以不朽,這是舉世偉大的論述。
Diatas samudera, langit cerah tanpa awan, cakracandra muncul dari permukaan laut, ditengah cakracandra terdapat bijaksara Dhih berwarna Oranye, memancarkan Maha Cahaya Oranye. Bijaksara Dhih berputar searah jarum jam, berubah menjadi Manjushri Bodhisatva, berkepala satu dan berlengan dua, tangan kanan membawa pedang tajam, tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab sutra, Manjusri menunggangi Singa. Bervisualisasi cakramantra dari Manjusri berputar, memancarkan maha cahaya putih, aliran Dharma bagaikan susu, terus menerus turun memasuki ubun-ubun sadhaka (Prajna sifat sejati yang tak terhingga, berwarna putih susu), masuk melalui ubun-ubun memenuhi sekujur tubuh. Bervisualisasi semua karmawarana dan pelanggaran sila berubah menjadi laba-laba, ulat, katak dan lain sebagainya, keluar satu persatu dari pori-pori tubuh. Ini adalah visualisasi suara mantra, sadhaka bervisualisasi satu demi satu suara mantra adalah suara lembut dari Manjusri Bodhisattva, satu demi satu adalah suara mantra yang lembut, berubah menjadi amrta kuning kemerahan yang tak terhingga banyaknya, memenuhi sepuluh penjuru dunia, dengan kata lain suara mantra berupa amrta kuning kemerahan, satu demi satu mengabhiseka masuk melalui pori pori sadhaka. Dengan demikian akan menambah kebijaksanaan kita, memperoleh pemahaman akan makna sejati Tantrayana, dengan kemampuan diri sendiri mampu mengobservasi Kebijaksanaan Agung. Bervisualisasi bijaksara DHIH. Di sepuluh penjuru angkasa, muncul bijaksara DHIH, semuanya bersinar kuning kemerahan, satu demi satu bijaksara ini memasuki tubuh sadhaka. Dengan penekunan visualisasi ini , dapat memperoleh Mahaprajna dengan cepat, karena bijaksara sangat cemerlang, maka dapat melenyapkan noda keruwetan pikiran dan keraguan. Visualisasi ini sangat penting, juga merupakan inti dari Sadhana Visualisasi Pedang Kebijaksanaan Manjusri. Inilah Manjusri yang berada di angkasa dengan tangan kanan membawa pedang mustika dan tangan kiri membawa utpala yang diatasnya terdapat kitab, Dharmayudam ini semuanya memancarkan cahaya yang menyinari sekujur tubuh sadhaka, menyingkirkan rintangan dan memasuki kebijaksanaan mendalam. Makna dalam semua kitab ajaran akan dipahami dengan jelas. Bervisualisasi manipura cakra sadhaka berubah menjadi sekuntum padma yang diatasnya terdapat aksara DHIH, diatas aksara DHIH terdapat sebilah pedang, di atas pedang terdapat enam aksara : " Om A Ra Pa Tsa Na " , pedang ini berputar ke arah kanan, ujungnya mencapai ujung lidah sadhaka, dengan demikian akan memperoleh kefasihan berbicara tanpa halangan. Semua ajaran sesat dapat dikalahkan, memperoleh kemampuan debat kebijaksanaan, ini merupakan realisasi samadhi kefasihan lidah. Visualisasi Pedang Mustika di atas padma ini senantiasa memancarkan cahaya akan memperoleh keahlian menulis, memperoleh kebijaksanaan tanpa halangan, dengan visualisasi ini maka hasil tulisannya akan selalu menarik, merupakan sebuah tulisan yang luhur dan memberikan sumbangsih bagi dunia.


十一、持文殊師利菩薩心咒 Menjapa Mantra Hati Manjusri Bodhisatva.


持唸珠觀想:Visualisasi penggunaan japamala :

(雙手持唸珠置胸前,唸時用大拇指撥珠。)左手觀想成金剛鈴,右手觀想成金剛杵,佛頭珠觀想成多寶佛塔,四 粒間珠觀想成四大天王,穗鬚觀想成蓮花手(佛手)。串珠的線觀想成金剛薩埵本性的白光繞一圈。持咒時每撥一 粒珠子都觀想成一尊文殊師利菩薩,來到自己面前。
(kedua tangan memegang japamala di depan dada, ibu jari digunakan untuk menggeser butir mala) visualisasi tangan kiri berubah menjadi Vajragantha. Tangan kanan menjadi Vajra. Butir kepala japamala berubah menjadi stupa Prabhutaratna, empat butir pembatas japamala berrubah menjadi Caturmaharajika, rumbai berubah menjdai tangan teratai (tangan Buddha). Benang penghubung mala berubah menjadi seutas sinar putih sifat sejati Vajrasattva. Saat menjapa mantra, tiap butir mala yang digeser berubah menjadi Manjusri Bodhisatvadi hadapan kita.


咒語:嗡。阿。拉。巴。查。納。底。(百○八遍至一千八十遍)

Mantra : "Om A La Ba Zha Na Dii" (108 kali atau 1080 kali)
Mantra dalam Lafal Sansekerta: "Om Ah Ra Pa Tsa Na Dhih"

十二、入三摩地Memasuki Samadhi.

(請詳閱蓮花童子相應法之九節佛風、入我我入觀、數息觀。)
(Silahkan menyimak Sembilan Langkah Pernafasan Buddha, memasuki diriku dan diriku memasuki, dan metode menghitung pernafasan di kitab Sadhana Padmakumarayoga)

出定。迴向: Keluar dari samadhi dan melakukan Pelimpahan Jasa :


文殊師利大法王。
Wenshushili dafawang

Maharajadharma Manjusri

篋劍寶光是非凡。
Jiajian baoguang shi feifan

Sinar Mustika Pedang yang luar biasa


四觀即得大智慧。
Siguan jide da zhihui

Dengan empat visualisasi memperoleh Mahaprajna

十方世界現光芒。
Shifang shijie xian guangmang

Sepuluh penjuru alam bersinar

十三、加持其他心咒Menjapa mantra 8 Yidam.


十四、唸佛(三遍)Melafal nama Buddha (3x)


十五、迴向Menyalurkan jasa.


願同唸佛者,同生極樂國,上報四重恩,
Yuan tong nian fo zhe, tong sheng ji le guo, shang bao si zhong en
下濟三途苦,見佛了生死,如佛度一切。
Xia ji san tu ku, jian fo liao sheng si, ru fo du yi qie. Semoga kami umat Buddha, terlahir di Sukhavatiloka. Keatas berbakti kepada Sang Buddha, Guru, Ayah ibu dan Negara. Kebawah membantu mereka di tiga alam samsara. Bertekad mencapai pencerahan Buddha. Terbebas dari tumimbal lahir menyeberangkan makhluk samsara.
弟子○○○今依此作迴向。願將修法功德迴向給根本傳承上師,祈願師佛常住世間,不入涅槃,永轉法輪,佛體安 康。恭祝大家身體健康,萬事如意,道心堅固,逢凶化吉。願一切所求的願望都得到圓滿。願一切災 難退散。嗢!
Siswa (nama) dengan ini melimpahkan jasa, jasapahala sadhana dilimpahkan kepada Mamamulacarya, semoga sehat walafiat, senantiasa menetap di dunia, tidak memasuki Parinirvana, selamanya memutar Roda Dharma. Semoga kita semua sehat lahir dan batin,memiliki sraddha yang kokoh, segala permohonan yang baik dan wajar dapat terpenuhi, semoga semua malapetaka sirna. WUN!

(有關「迴向」的觀想及細節,請詳閱『密教大光華—細說真佛密法完整修持儀軌』第172頁。)
(Mengenai visualisasi dan detil dari "Penyaluran Jasa ", silahkan menyimak " Mijiao Da Guang Hua--Penjelasan Lengkap Tatacara Sadhana Tantra Zhenfo" halaman 172)


十六、唸百字明咒(三遍)Menjapa Mantrasatksara 3x


十七、大禮拜Mahanamaskara.


十八、唸圓滿咒Menjapa mantra paripurna
嗡。部林。(三遍)Om Pulin (3x) 嗡。嗎呢。唄咪。吽。Om Mani Beimi Hum.

作遣散手印:拍掌兩下,再交加彈指。
Mudra penutup : Bertepuk tangan dua kali, kedua tangan bersilangan dan mengklik jari.


修法圓滿。如意吉祥。
Sadhana selesai dengan baik dan sempurna.



Attention ! from Taisho Tripitaka : No. 1230
佛說大輪金剛總持陀羅尼經

汝等金剛聞持咒方法。速先誦大輪金剛陀羅尼神咒。汝不持此法門者。一切諸咒縱令有驗。猶有行偽盜法之罪。滅度之後當落地獄受罪苦已當落畜生道。行偽獲罪如是。

(此代表一切要如法行持,连大輪金剛陀羅尼神咒也是需要传承才如法)


Taisho Tripitaka No.1230, Sakyamuni Buddha mengatakan : Bagi yang mendengar mantra dan tata cara, bila menekuninya tanpa tata aturan yang sah (arus abhiseka Gurumula) ~ Dharani Mahacakravajra, semua mantra tak akan berfungsi, berarti melakukan penyimpangan dan merupakan pencurian Dharma, setelah meninggal dunia akan terjatuh dalam neraka, kemudian terlahir kembali di alam hewan. Inilah akibat pelanggaran dari penyimpangan tersebut.
____________________________________________________________________________

Mengenai Manjushri Bodhisatva



有關文殊師利菩薩的經典,列之如下:

Berikut ini adalah Sutra yang memuat mengenai Manjusri Bodhisattva :

文殊悔過經、文殊般若經、文殊尸利行經、文殊師利發願經、

Sutra Pertobatan Manjusri, Sutra Prajna Manjusri , Sutra Karya Manjusri, Sutra Ikrar Manjusri

文殊師利巡行經、文殊師利淨律經、文殊師利問經、文殊師利問菩提經、

Sutra Karya Manjusri, Sutra Kesucian Sila Manjusri, Sutra Pertanyaan Manjusri, Sutra Pertanyaan Manjusri akan Boddhi.

文殊師利般涅槃經、文殊師利現寶藏經、文殊師利佛土莊嚴經、文殊師利根本儀軌經、

Sutra Parinirvana Manjusri, Sutra Ajaran Mustika dari Manjusri, Sutra Keagungan Tanah Suci Manjusri, Sutra Tata Cara Dasar manjusri

文殊師利法寶藏陀羅尼經、文殊師利所說般若波羅蜜經、文殊師利所說不思議佛境界經、

Sutra Dharani Sadhana Manjusri, Sutra Prajnaparamita yang dibabarkan Manjusri, Sutra Alam Kebuddhaan Luar Biasa yang Dibabarkan Oleh Manjusri

文殊師利根本一字陀羅尼經、文殊師利菩薩六字咒功能法經、文殊師利菩薩 佛剎功德莊嚴經、

Sutra Mula Ekaskara Dharani Manjusri, Sutra Manfaat Mantra sadaksara Manjusri, Sutra keagungan Pahala Tanah Suci Manjusri

文殊師利菩薩根本大教王經金翅鳥王品、文殊師利菩薩及諸仙所說吉凶時日善惡宿曜經、文殊滅淫慾我慢陀羅尼等等。

Sutra Ajaran Agung dari Manjusri Bab Raja Garuda, Sutra Perbintangan dan Hari Baik - Buruk yang dibabarkan oleh Manjusri dan Para Resi, Sutra Dharani Manjusri yang Melenyapkan Nafsu Birahi dan Kesombongan

dan lain sebagainya


  文殊師利菩薩的經典甚多,其名稱也甚多,是一位大菩薩,祂的別名有

Sutra Manjusri Bodhisattva sangat banyak, gelarnya juga sangat banyak, merupakan Mahabodhisattva, Gelar lainnya adalah :


曼殊師利, 妙吉祥, 妙音,妙德,妙首,普首、濡首、敬首等等。」這位大菩薩與普賢菩薩是煀釋迦牟尼佛的骀士,文殊菩薩掌「智慧門」,普賢菩薩掌「理智門」。


Manjusri, Manjusgosha , Budi Yang Luhur,Pimpinan Yang Luhur, Pimpinan Universal, Pimpinan Kebajikan, Pimpinan Yang Dihormati dan lain sebagainya. Mahabodhisattva ini berada disamping Sakyamuni Buddha bersama dengan Samanthabadra Bodhisattva, Manjusri Bodhisattva mengepalai Pintu Dharma Kebijaksanaan, Samanthabadra Bodhisattva mengepalai Pintu Dharma Pemahaman.



  在過去世中,文殊菩薩曾煀七佛之師,是已成佛,其尊稱是「龍種上尊王佛」。其密號是「吉祥金剛」或「般若金剛」。


Pada masa lampau, Manjusri pernah menjadi Guru dari Tujuh Buddha dan telah mencapai Kebuddhaan dengan gelar Longzhongshangzunwangfo (Nagaraja Buddha). Gelar Tantranya adalah Srivajra atau Prajnavajra.


  文殊菩薩的形像,有頭頂結五髻,代表了大日如來的五智,右手持劍,是代表智慧的利劍,其座騎是獅子,表示智慧的威猛。文殊菩薩又有一字文殊、五字文殊、六字文殊、八字文殊、一髻文殊、五髻文殊、八髻文殊、兒文殊。而以五字文殊及五髻文殊為本體。


Rupa dari Manjusri ada yang berkuncir lima yang menyimbolkan Pancajnana dari Mahavairocana, tangan kanan membawa pedang yang menyimbolkan ketajaman pedang Kebijaksanaan, tunggangannya adalah singa yang menyimbolkan kekuatan dari Kebijaksanaan. Manjusri ada Manjusri Satu Aksara, Manjusri Lima Aksara, Manjusri Enam Aksara, Manjusri Enam Aksara, Manusri Satu Kuncir, Lima Kuncir, Delapan Kuncir dan Manjusri Kumara. Manjusri Lima Kuncir dan Lima Aksara adalah tubuh mulanya.



  文殊菩薩之左手持青蓮華,表示不染,能斷煩惱之故。

  文殊菩薩在胎藏界曼荼羅內,占中台八葉院之西南位,在文殊院中是主尊。在金剛界曼荼羅內,是賢劫十六尊中北方第一位。


Tangan kiri Manjusri membawa Utpala yang bermakna kesucian tanpoa noda yang mampu mengikis kilesha. Di dalam Mandala Garbhadatu Manjusri berada di ruang Padma kelopak delapan di sebelah Barat Daya, merupakan adinata di Manjusrisala. Sedangkan di Mandala Vajradhatu, merupakan yang utama diantara 16 Arya di masa bhadrakalpa sebelah utara.



  「蓮生活佛」認為,佛在淨居天宮,曾述說「文殊師利童子行輪真言法」,這是文殊師利根本一字真言。


Buddha di Surga Subhakrsna pernah membabarkan Sadhana Penekunan Cakramantra Manjusrikumara, ini adalah Mantra Satu Aksara dari Manjusri.



  這一字真言就是「嗡。部林。」或譯為「嗡。次臨。」

  也就是「圓滿咒」。


Mantra Satu Suku Kata ini adalah "Om Bu Lin", atau juga "Om Ci Lin", disebut juga "Mantra Paripurna"



  在持唸圓滿咒時,可觀想一池,池中生一莖,三幹,中枝白色蓮華,而白色蓮華之上,文殊師利菩薩坐寶蓮華之上,是童子之相,頭有五髻,金色身相,身覑青衣,半跏跌坐,右足垂下,蓮華承住。


Saat menjapa mantra paripurna ini, visualisasikan sebuah kolam, dari kolam muncul batang bercabang tiga, ditengahnya adalah padma putih dan diatasnya duduk Manjusri Bodhisattva, dengan rupa kumara, diatas kepala ada Lima Kuncir, tubuh berwarna keemasan, mengenakan jubah hijau, bersila dan kaki kanannya diturunkan kebawah ditopang oleh padma.



  右枝蓮華是普賢菩薩之相,具足一切莊嚴,身紫綠色,著青衣,左手執如意,右手執白拂。

  左枝蓮華是觀世音菩薩,身如月色,具足一切莊嚴,左手持白蓮華,右手持金剛拂。


Padma di batang sebelah kanan duduk Samantabhadra Bodhisattva yang sangat agung, tubuh berwarna hijau keunguan, mengenakan jubah hijau, tangan kiri membawa ruyi, tangan kanan membawa kebutan.

Padma dibatang sebelah kiri adalah Avalokitesvara, tubuh seputih rembulan, memiliki keagungan, tangan kiri membawa padma putih, tangan kanan membawa kebutan vajra.



  大凡唸此咒,修三大菩薩觀想,可得文殊師利菩薩及其餘菩薩的護持擁護,更有文殊五使者「髻設尼」、「一優波髻設尼」、「質多羅」、「地慧」、「請召」 及文殊八大童子「光網童子」、「地慧童子」、「無垢光童子」、「不思慧童子」、「召請童子」、「髻設尼童子」、「救護慧童子」、「優波髻設尼童子」來擁護 行者。


Barangsiapa menjapa mantra ini dan menekuni visualisasi Trimahabodhisattva ini, dapat memperoleh perlindungan dan dukungan dari Manjusri Bodhisattva dan Bodhisattva yang lainnya, dilindungi oleh lima pengawal Manjusri : Jisheni, Yiyoubojishenni, Zhiduoluo, Bhumiprajna dan Pengudnang. Serta perlindungan dari Astamahakumara Manjusri, Prabhajalakumara, Bhumiprajnakumara, Vimalaprabhakumara, Kumara Kebijaksanaan Luar Biasa, Kumara Pengundang, Kumara Jisheni, Prajnaphalakumara, Kumara Youbojisheni.


  據我所知,禪宗及淨土宗的大高僧中的徹悟禪師,雖專主蓮宗,然而他平時亦專修文殊師利根本一字真言,他曾見「文殊菩薩」啊!


Menurut sepengetahuan saya, Guru Zen Chewu , seorang Sangha Agung dari sekte Zen danSukhavati, meskipun menekuni sekte Padma, namun beliau senantiasa menekuni Mantra Satu Suku Kata dari Manjusri dan pernah bertemu dengan Manjusri !



  「文殊篋劍觀」的密宗行者,若得成就,在文字上會達到很高的造詣,令人讚嘆不止,而且其舌根甚利,可以辯才無礙,彷彿變了一個人似的。此法之成就者,若荼毗,會有「舌舍利」,因為其舌如同珠玉一般。


Sadhaka penekun Sadhana Visualisasi Pedang Manjusri bila berhasil mencapai yukta, maka akan mempunyai kemampuan tinggi dalam karya tulis dan membuat orang kagum, bahkan kemmampuan berbicaranya sangat hebat, memiliki kefasihan tanpa halangan, bagaikan telah berubah menjadi orang lain. Sadhaka pencapai realisasi dari sadhana ini saat dikremasi akan menghasilkan sarira lidah, karena lidahnya bagaikan sebuah mutiara pualam.



  曾有一位喇嘛,修「文殊篋劍觀」,由於認真修持,勤持不懈,他的精誠感動了文殊師利菩薩,每當他修法時,天上便飄下了很多的紅花及黃花,而且均是芬芳撲鼻的。


Pernah ada seorang lhama yang menekuni Sadhana Visualisasi Pedang Manjusri, karena tekun berlatih, semangatnya mengharukan Manjusri Bodhisattva, setiap saat dia bersadhana dari langit turun bunga merah dan bunga kuning yang sangat wangi.



  這位修法的喇嘛,有一天突然好端端的對同修們說:

  「須彌山頂的金翅鳥翅膀動了,我將被載看到文殊菩薩那裡去。」


Pada suatu hari, Lhama ini tiba tiba dengan agungnya berkata pada para umat : "Sayap Garuda di atas sumeru telah bergerak, saya akan dibawa bertemu dengan Manjusri Bodhisattva."



  喇嘛說完,就閉目圓寂。有人看見他騎看大鵬金翅鳥,在雪嶺之上空飛翔巡行,非常自得。


Seusai bicara, lhama itu menutup mata dan memasuki parinirvana. Ada orang yang melihatnya duduk diatas garuda, terbang mengitari himalaya, sangat nyata.



  「文殊篋劍觀」的密宗行者,這位得成就的喇嘛,學會此觀法,是有傳奇的。

  他初拜「蓮華聖尊喇嘛」為師,有一天,「連華聖尊喇嘛」對他說:「這岩洞裏,有一面牆壁,是當年大成就者,面壁修定之處,你可以去牆壁前面壁修定,會有修持法出現在壁上,你學了修持法,就可以相應成就。」


Lama yang mencapai realisasi dari penekunan Sadhana Visualisasi Pedang Manjusri ini ada kisahnya sehingga dia bisa menguasai Sadhana Visualisasi ini.

Dia berguru pada Padmaarya lhama, pada suatu hari Padmaarya lhama mengatakan kepadanya : " Didalam gua ini ada sebuah tembok, merupakan tempat bhavana seorang pencapai realisasi dengan meditasi menghadap tembok, Anda boleh menekuni meditasi dengan menghadap tembok, akan ada sebuah sadhana yang muncul di tembok, bila Anda menekuninya maka akan mencapai keberhasilan yukta."



  這位喇嘛就在壁前坐定。

  坐了一年,什麼也沒有。


Kemudian, lhama ini bermeditasi menghadap tembok, namun setelah duduk satu tahun, tiada apapun yang terjadi.



  第二年,看見文殊師利菩薩出現在牆上。


Tahun kedua, melihat kemunculan Manjusri Bodhisattva di tembok.



  第三年,看見「文殊篋劍觀」的文字,出現在牆壁上,及一切修法的口訣心要,於是他努力精持精進。


Tahun Ketiga, melihat naskah Sadhana Visualisasi Pedang muncul di permukaan tembok, beserta semua kiat sadhananya, maka dia mulai menekuninya dengan disiplin.



  一直修了七年,空中降下黃花,紅花。


Menekuninya sampai tujuh tahun, dari angkasa turun bunga merah dan bunga kuning.



  「蓮華聖尊喇嘛」對他的弟子說:

  「恭喜,一切大圓滿,大相應了。」


Padmaarya Lhama mengatakan pada siswanya : "Selamat ! Segalanya sempurna, telah mencapai mahayukta !"



  這聖壁上出現文殊師利及文字,在外人的眼中是不可思議,但在「蓮生活佛」的心中,則是想當然耳。因為天下萬物,用心可以感通,萬法是不離自心的,用心去尋找,心現物現,心中的法自然映現在壁上,一個人的專心一志,一定可以感動諸尊下降。


Di atas permukaan tembok muncul Manjusri dan sebuah naskah, menurut pandangan orang luar ini sangat luar biasa, namun menurut Buddha Hidup Liansheng, hal ini sangat alamiah. Karena asalkan kita memiliki niat pasti dapat mewujudkan segala sesuatu, puluhan ribu Dharma tidak lepas dari batin, mencari dengan batin, maka pasti akan nampak, Dharma yang ada dalam hati dengan sendirinya akan terrefleksikan di permukaan tembok. Ketulusan dan konsentrasi dari seseorang pasti mengharukan Para Arya sehingga mereka akan hadir.



  一九八六年十二月三日,三昧精舍的主持人蓮花華樑到了「真佛密苑」,我略述此法,並且灌頂授此法,希望蓮花華樑,要明白「萬物皆備於我,反身而求,善莫大焉。」


Tanggal 3 Feb 1986, Lianhua Hualiang ketua dari Arama Samadhi datang mengunjungi Taman Arama Satyabuddha, saya mengajarkan sadhana ini dan memberikan abhiseka, saya harap Lianhua Hualiang menyadari segala sesuatu berasal dari diri sendiri, carilah di dalam diri maka akan berhasil.



  三昧就是「正定」。

  「筐劍觀」是大智慧的授予,心思內馳,就有成就。

  此法,可震動天上地下,可使大鵬金翅鳥展翅而飛,可使天女散花,諸尊護持,交織成一片大智慧的光芒,一切成和諧的法界,能潛心修者,大有福份也,不可等閒視之。


Samadhi adalah kestabilan yang benar, Sadhana Visualisasi Pedang menghasilkan kebijaksanaan agung, elakukan pengamatan kedalam pasti berhasil. Sadhana ini mengguncang langit dan bumi, membuat Garuda mengembangkan sayap dan terbang, membuat para dewi menaburkan bunga, para arya melindungi, mengubah kesadaran menjadi cahaya kebijaksanaan agung, Dharmadhatu dapat sesuai kehendak sadhaka, sangat memiliki berkah, jangan diremehkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segala Pahala Kebajikan dari pembabaran Dharma di blog ini, seluruhnya dipersembahkan kepada Mula Guru Dharmaraja Lian Sheng, semoga Dharmaraja Lian Sheng selamanya menetap di dunia, dan memutar Roda Dharma dalam bentuk kendaraan besar dan kecil untuk berbagai tingkat kemampuan dalam motivasi semua makhluk yang ada saat ini. Semoga saya dapat segera mencapai Pencerahan Sempurna demi semua makhluk. Semoga semua makhluk yang hidup di Samsara dapat berjodoh dengan Buddha Dharma, mempraktekkan Dharma, setelah memperoleh pengetahuan, dapat mengalahkan musuh - musuh yang berbahaya, dari ketiga racun, dan dapat mencapai Pencerahan

Om Mani Padme Hum

Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Saudara Sedharama, Lian Hua Shi An yang telah menerjemahkan sangat banyak Materi Dharma dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia, yang mana hasil terjemahannya sangat banyak yang saya post di blog ini

Manjusri Mantra

Music


Music